Aparat Gabungan di Batang Gencar Imbau Masyarakat Taati Protokol Kesehatan

60DTK, Kabupaten Batang – Kesadaran masyarakat Kabupaten Batang untuk menerapkan protokol kesehatan, masih sangat kurang. Hal ini pula yang menjadi salah satu penyebab kasus positif Covid-19 di Kabupaten Batang terus mengalami peningkatan.

“Penyebaran Covid-19 di Batang terus meningkat, namun masih banyak warga yang ndablek dengan menyepelekan, bahkan tidak menaati protokol kesehatan,” ungkap Bupati Batang, Wihaji, saat memberikan arahan di hadapan peserta apel penegakan disiplin protokol kesehatan di Jalan Veteran, Senin (24/08/2020).

Wihaji menegaskan, untuk meningkatkan disiplin warga dalam menaati protokol kesehatan, maka diperlukan upaya pendisiplinan dan penegakan yang dilakukan secara masif. Termasuk ketentuan wajib masker saat beraktivitas di luar rumah.

Baca juga: Distribusi APD Di Jawa Tengah Akan Diperluas Hingga Ke Posko Pengecekan Pemudik

“Penegakan disiplin terhadap warga sudah ada payung hukum yang mendasari dalam aturan tersebut, mulai dari instruksi presiden, hingga surat keputusan bupati sebagai turunannya. Ketentuan wajib mengenakan masker itu merupakan salah satu ikhtiar dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Batang,” tegasnya.

Ia pun berharap, tim gabungan dapat gencar melakukan sosialisasi serta penindakan bagi warga yang tidak menaatinya. Namun Ia menegaskan, sebelum memberikan sanksi, aparat harus terlebih dahulu memberikan edukasi.

“Jika ada yang tetap membandel, maka sanksi kerja sosial, bahkan denda bisa diperlakukan. Pengelola kafe, rumah makan, ataupun tempat keramaian, wajib menaati protokol kesehatan. Termasuk perkantoran di Pemda atau swasta bisa dijadikan sasaran penertiban protokol kesehatan. Jika ada yang melanggar, maka sanksi bisa diberikan,” tegas Wihaji.

Baca juga: Dapur Umum Sebagai Wujud Kehadiran Pemerintah Di Tengah Warga

“Target Batang zero Covid-19 bisa terwujud. oleh karena itu, saya minta bantuan dari TNI, Polri, serta Satpol-PP upayakan mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan penertiban penerapan protokol kesehatan di masyarakat,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, tampak hadir mendampingi Bupati Batang, Wakapolres Batang, Kompol Made Ariawan Budaya; Danramil Batang, Kapten Inf. Bardi; serta pejabat teras di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batang.

 

Pewarta: Peni Kusumawati