Kirab Bendera Pusaka Hari Ini Dilepas Dari Gorut

60DTK-Gorontalo: Setelah melewati Kabupaten Pohuwato, kirab bendera pusaka akhirnya tiba di Kabupaten Boalemo. Kedatangan rombongan bendera pusaka tersebut pun disambut puluhan siswa dan sejumlah organisasi kepemudaan, Selasa (21/1/2020).

Semangat perjuangan pahlawan Nani Wartabone terlihat dari keterlibatan pemuda dalam kirab ini. Selain itu, kegiatan itu turut mengedukasi para pelajar tentang sejarah panjang Hari Patriotik 23 Januari 1942.

Baca juga: Bendera Pusaka Merah Putih Mulai Dikirab Dari Pohuwato

Terlihat, Bupati Boalemo, Darwis Moridu juga menyambut rombongan ini di Rumah Dinas Bupati, didampingi oleh para pejabat serta staf di lingkup Kabupaten Boalemo.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat perjuangan para pemuda dan mengenang kembali perjuangan Nani Wartabone bersama pasukannya untuk meraih kemerdekaan Gorontalo,” kata Darwis.

Baca juga: Gubernur Gorontalo Kenang Sejarah Singkat Peristiwa 23 Januari 1942

Untuk itu, Darwis mengingatkan para pemuda untuk terus menjaga dan mempertahankan kemerdekaan dengan baik dan tidak melupakan jasa para pahlawan.

Diketahui, kirab ini diikuti 60 peserta yang berasal dari berbagai unsur organisasi yakni KNPI, BEM se – Provinsi Gorontalo, anggota Paskibraka, Pramuka, Karang Taruna dan Tagana, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Kesbangpol. Pasukan kirab yang mengawali perjalanannya dari Pohuwato lalu ke Boalemo itu kemudian bermalam di Gorontalo Utara.

Baca juga: Bendera Merah Putih Terpanjang Siap Sambut Hari Patriotik 23 Januari

Sementara itu, hari ini, Rabu, 22 Januari 2020, peserta kirab akan dilepas dari kantor Bupati Gorontalo Utara menuju Kabupaten Gorontalo, Kota Gorontalo, lalu berakhir di Kabupaten Bone Bolango. Sementara untuk Puncak Hari Patriotik 23 Januari akan berlangsung di Lapangan Likada, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango. (adv)

 

Penulis: Leo Pateda

Sumber: Humas Pemprov. Gorontalo

Comments are closed.