Lepas Rindu Dengan Bakwan dan Siomay di Festival Kuliner Indonesia, California

60DTK-Internasional: Festival kuliner halal bertajuk “Indo Feast” yang diselenggarakan oleh warga muslim Indonesia yang tinggal di San Fransisco Bay Area, California, Amerika Serikat baru – baru ini, berhasil menarik perhatian lebih dari 500 orang pengunjung, baik yang berasal dari Indonesia maupun negara lain.

Festival yang menyajikan beragam makanan khas Indonesia ini diselenggarakan untuk pertama kalinya oleh Indonesian Muslim Community San Francisco Bay Area (IMC-SFBA), tepatnya di South Bay Islamic Center yang terletak di kota San Jose, sekitar satu jam dari Kota San Francisco.

Acara ini tidak hanya dibanjiri oleh warga Indonesia yang tinggal di San Francisco Bay Area, tetapi juga oleh para pengunjung dengan latar belakang agama dan negara yang berbeda, seperti dari Filipina, Sri Lanka, dan Vietnam, yang ingin mencicipi makanan khas Indonesia.

Baca juga: Makin Banyak Mobil Listrik, Pemilik Pompa Bensin Di Amerika Mulai Resah

“Kami ingin memperkenalkan makanan tradisional Indonesia kepada masyarakat Amerika, termasuk yang muslim, karena belum ada restoran Indonesia halal di wilayah San Francisco Bay Area,” jelas Ketua IMC-SFBA, M. Yusuf Efendi melalui surat rilis yang diterima oleh VOA Indonesia.

Adapun beberapa jenis kuliner yang disuguhkan dalam festival ini adalah nasi kapau, sate Padang, bakwan Malang, siomay, serta jajanan pasar seperti kue pukis, pisang cokelat, dan risol, yang bagai menjadi obat rindu bagi para pengunjung yang sudah lama tidak menikmati masakan khas Indonesia.

Diketahui, acara ini pun didukung oleh Konsul Jenderal Indonesia di San Francisco, Simon D.I. Soekarno yang juga hadir dalam acara tersebut.

Baca juga: Pemerintah Amerika Serikat Pertimbangkan Coret Perusahaan Asal China Dari Pasar Sahamnya

“Kita berkumpul untuk merayakan keanekaragaman budaya Indonesia dengan kuliner halalnya, yang akan mempererat tali persahabatan Indonesia dan Amerika,” ujar Simon, dikutip dari surat rilis yang sama.

Menurut salah seorang pengunjung asal Indonesia, Gilda Essa, mencari restoran atau bahan makanan halal di San Francisco Bay Area sebenarnya tidak sulit. Namun, tidak mudah untuk mendapatkan makanan yang cocok di lidah orang Indonesia.

“Orang Indonesia biasa dengan makanan Indonesia. Jadi, walaupun makanan halal tapi bukan makanan Indonesia, mungkin tidak senikmat ketika makan makanan Indonesia,” tutur Gilda kepada VOA Indonesia.

Baca juga: Gorontalo Sudah Kumpulkan Rp 200 Juta Untuk Pembangunan Pesantren Di Amerika

Diketahui, hampir seluruh makanan ludes terjual, yang mencapai kurang lebih 750 pesanan dalam kurun waktu empat jam. Selain itu, tidak hanya bisa melepas rindu dengan kuliner Indonesia, para pengunjung pun dihibur dengan pertunjukan pencak silat dan kesenian Marawis, serta lomba peragaan busana anak – anak. (rls)

 

Sumber: VOA Indonesia

Comments are closed.