SAKIP Pemprov Gorontalo Naik 3 Poin

60DTK – PEMPROV : Kementerian Pendayahgunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengumumkan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Four Points Makassar, Selasa (19/2/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Sekdaprov Darda Daraba mewakili Gubernur Rusli Habibie menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri PANRB Safruddin. Kegiatan ini di hadiri oleh 174 kepala daeran provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

Nilai SAKIP Pemprov Gorontalo 2019 (berdasarkan penilaian tahun 2018). Foto : Istimewa

Pemerintah Provinsi Gorontalo meraih nilai 63,22 poin dengan predikat B. Hasilnya, point tersebut bertambah tiga dari tahun sebelumnya 2018 hanya 60,21 dengan predikat yang sama (B).

“Ada lima indikator yang dinilai yakni perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja. Alhamdulillah empat dari lima poin itu kita naik cukup signifikan, hanya pada evaluasi kerja turun 0,3 dari sebelumnya 7,19 jadi 7,16,” beber Sekda.

Darda juga menjelaskan, prediket B menunjukan bahwa tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran. “Dengan predikat B ini menunjukkan bahwa tingkat evektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi, dan penyelenggaraan pemerintah yang berorientasi hasil berjalan dengan baik,” imbuh mantan Kepala Badan Jalan Tol, Kementrian PUPR RI itu.

Darda optimis kedepan Pemprov Gorontalo bisa meraih hasil yang lebih baik. Optimisme itu didasarkan pada proses pengelolaan keuangan yang terus diperbaiki melalui pemanfaatan aplikasi berbasis online. Pembiayaan pembangunan dapat semakin baik mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, termasuk merumuskan pemanfaat anggaran daerah untuk tujuan kinerja yang jelas dan terukur. (rds/rls)