Basarnas Gorontalo Siaga SAR Khusus Jelang Libur Panjang

60DTK, Gorontalo – Jelang libur panjang cuti bersama dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, jumlah wisatawan diprediksi meningkat. Mengantisipasi hal tersebut, Basarnas seluruh Indonesia menggelar siaga SAR Khusus, melalui peningkatan kesiapsiagaan, koordinasi lintas sektoral serta pergerakan Alut dan personil.

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Gorontalo, I Made Junatera mengungkapkan, Siaga SAR khusus berlangsung dari tanggal 27 Oktober-2 November, dimana Posko mandiri ditempatkan pada masing-masing pos SAR, berada di Daerah Kwandang dan Marisa. Sementara itu pada objek wisata dilakukan pemantauan secara mobile.

“Untuk sementara, Penempatan personil di pelabuhan Kwandang juga telah dimulai hari ini oleh tim rescue dari Pos SAR Kwandang dan Abk KN SAR Samba. Di tempat berbeda Pos SAR Marisa memberangkatkan personil untuk pemantauan di Pelabuhan Marisa,” jelas I Made, Selasa (29/10/2020).

Baca Juga: Wagub Gorontalo Terima Kunjungan Silaturahmi Kepala Basarnas Gorontalo

“Dikarenakan pelabuhan tersebut adalah salah satu akses menuju tempat wisata yang sering di kunjungi wisatawan lokal maupun asing yaitu Togean,” lanjutnya.

Ia juga menegaskan, kesiap siagaan ini dilakukan serentak oleh beberapa instansi terkait termasuk Basarnas yang dalam hal ini mengambil tupoksi dalam bidang pencarian dan pertolongan.

“Dengan kesiapsiagaan melalui siaga SAR khusus ini, harapannya agar meningkatkan respon time apabila terjadi hal-hal darurat dan memerlukan bantuan SAR, maka dari itu penempatan personil dan Alut fokus pada area yang kemungkinan akan tinggi aktivitas masyarakatnya,” pungkasnya.

 

 

Pewarta: Hendra Setiawan