Berbagai Festival Akan Meriahkan Ramadan Dan Idulfitri Di Gorontalo

60DTK – KOTA GORONTALO : Pemerintah Provinsi Gorontalo tengah mempersiapkan berbagai festival seperti Tumbilotohe, Bedug Takbiran, Gebyar Ketupat, Lomba Karapan Sapi, Pacuan Kuda dan Kuda Gerobak untuk menyemarakkan suasana bulan suci Ramadan dan Idulfitri.

Persiapan untuk menentukan lokasi dan pemenuhan sarana prasarana setiap festival
tersebut dibahas dalam rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba di ruang kerja Sekdaprov Gorontalo, Jumat (17/5/2019).

Sekda Darda dalam rapat tersebut mengingatkan agar seluruh kegiatan harus disiapkan secara matang, karena ini sudah merupakan even tahunan selama bulan Ramadan dan jelang lebaran.

BACA JUGA : Darda Daraba : SPM Penting, Pemerintah Wajib Menjamin Kebutuhan Dasar Masyarakat

“Cek setiap kesiapan baik itu lokasi, alat yang akan digunakan dalam festival, siapa yang buat apa, siapa yang mempersiapkan apa. Nanti buat lagi rapat internalnya,” kata sekda.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Nancy Lahay mengatakan, festival ini merupakan kegiatan rutin di bulan Ramadan dan perayaan Idul Fitri yang kita lakukan untuk melestarikan budaya.

“Karena kegiatan ini sudah rutin kita lakukan, jadi tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, hanya mungkin lokasi dan konsepnya yang berbeda,” ujar Nancy.

BACA JUGA : Jalin Silaturrahim Bersama Masyarakat, Ala Pemprov Gorontalo

Untuk festival Tumbilotohe dijadwalkan tanggal 01– 04 Juni 2019, festival Bedug Takbiran 21 – 23 Mei 2019, Gebyar Ketupat 12 Juni 2019, serta lomba Karapan Sapi, Pacuan Kuda dan Kuda Gerobak di tanggal 12 Juni 2019. (rls)

Sumber : Humas Gorontalo Prov

Comments are closed.