Gorontalo Sudah Miliki Peta Ketahanan Dan Kerentanan Pangan

60DTK – KOTA GORONTALO : Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo Idris Rahim melucurkan Peta yang berisi informasi ketahanan pangan Provinsi Gorontalo tahun 2018 di Hotel Maqna Kota Gorontalo, Senin (10/12/2018). Dalam sambutannya, Idris Rahim menjalaskan, penyusunan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan merupakan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2015 Tentang Ketahanan Pangan dan Gizi.

Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tersebut mengamanatkan pemerintah berkewajiban membangun, menyusun, dan mengembangkan sistem informasi pangan dan gizi yang terintegrasi, yang dapat digunakan untuk perencanaan, pemantauan dan evaluasi, stabilitas pasokan dan harga pangan, serta sebagai sistem peringatan dini terhadap masalah kerawanan pangan dan gizi.

“Penyusunan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan ini mutlak diperlukan agar potret ketahanan dan kerentanan pangan dapat digambarkan secara akurat dan menggambarkan kondisi dan fakta terbaru yang dapat dijadikan sebagai bahan pengambilan keputusan,” jelas Wagub

Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan juga menyajikan informasi beberapa permasalahan dalam upaya mempertahankan ketahanan pangan, seperti akses pangan bagi masyarakat miskin, pemanfaatan dan keragaman pangan dibeberapa daerah yang sering dilanda bencana banjir dan musim kekeringan yang panjang yang mengakibatkan gagal panen, serta masih terjadi degradasi hutan dan sistem perladangan berpindah-pindah. (rls/mp).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles