Hari Radio ke-75 di Gorontalo Berlangsung Hikmat dan Bernuansa Adat

60DTK, Gorontalo – Peringatan Hari Radio tahun 2020, yang merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 RRI di ikuti oleh Satker RRI di seluruh Indonesia secara Virtual, Jumat (11/09/2020). di Gorontalo, perayaannya berlangsung hikmat, sederhana dan bernuansa adat daerah Gorontalo.

Kepala RRI Gorontalo, Umi Iryani mengungkapkan perayaan hari jadi ini mengangkat tema ‘Bangkit Untuk Indonesia Maju’. Tema tersebut memberikan spirit atau kekuatan RRI menghadapi tantangan ke depan.

“Karena kita sangat menyadari tantangan RRI kedepan sangat menantang. Diperlukan satu motivasi dan semangat untuk bisa menyesuaikan dengan perkembangan dan dinamika zaman,” ujar Umi saat diwawancara awak media.

Baca Juga: Heboh!!!Masyarakat Tolinggula Temukan Hiu Paus

“Sehingga satu-satunya hal yang bisa memberikan energi untuk menghadapi perkembangan dan dinamika jaman, tidak ada pilihan lain bagi angkasawan RRI diseluruh Indonesia untuk bangkit menuju Indonesia maju,” lanjutnya.

Ia juga menceritakan, bahwa untuk RRI Wilayah Gorontalo, itu dalam perayaan HUT ke-75 ini telah menggelar beberapa kegiatan yang sifatnya internal. Itu dilakukan karena mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, tentu seperti anjuran pemerintah untuk membatasi kerumunan.

“Sementara kami melaksanakan kegiatan, karena ini dalam masa pandemic sehingga kami lebih memfokuskan pada kegiatan-kegiatan yang sifatnya internal, dan juga upacara peringatan secara internal. Namun, secara khusus kami ingin sekali menghormati adat budaya Gorontalo,” jelasnya.

Baca Juga: Adhan Dambea: Setiap Minggu Deprov Habiskan 1,2 M Untuk Perjalanan Dinas

Selain itu, ia juga mengatakan di hari ulang tahun RRI ini, pihaknya tengah memaksimalkan program-program Penyiaran dari Pro I, 2, dan 4 untuk program daerah. Kata dia, semua yang ada kaitannya dengan Gorontalo itu akan lebih di prioritaskan.

“Pasti bahwa RRI memiliki beberapa Programa, jadi di Programa I, II, dan IV. Ketiga programa ini memang konsentrasi adalah di lokal. Sehingga muatan lokal menjadi salah satu materi yang akan tetap menjadi prioritas utama,” tutupnya.

Diketahui, untuk perayan HUT RRI ke-75 di Gorontalo menggunakan adat Gorontalo. Yakni untuk pakaian perempuan itu menggunakan pakaian Wuloto, sedangkan untuk laki-laki menggunakan Takoa kiki.

 

 

Pewarta: Hendra Setiawan