Klarifikasi Pemdes Soal Isu Pembongkaran Masjid untuk Kepentingan Tambang

60DTK, Kabupaten Pohuwato – Pemerintah Desa Hulawa, Kecamatan Buntuliya, Kabupaten Pohuwato, memberikan klarifikasi terkait isu adanya salah satu masjid di desa setempat yang akan di bongkar hanya karena terdapat emas di bawah bangunan masjid.

Klarifikasi dari Pemerintah Desa Hulawa itu disampaikan melalui sebuah video pendek berdurasi 2 menit 20 detik. Dalam video itu, Kepala Desa Hulawa, Ilyas Hakim menegaskan, bahwa isu yang tengah berkembang tersebut tidak benar adanya.

“Isu pembongkaran masjid terkait isu tambang dan lain sebagainya itu tidak benar, itu hoaks. Saat ini, masjid ini tetap berdiri kokoh,” tegas Ilyas Hakim.

Ilyas berharap, seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Pohuwato, tidak ikut terpengaruh dengan isu yang lagi hangat itu. Sebab bangunan masjid tersebut masih tetap berdiri dan digunakan oleh masyarakat setempat untuk tempat ibadah.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat isu ini tidak usah dijadikan permasalah sebesar-besarnya atau menjadi polemik di tenga-tengah masyarakat. Sekali lagi, isu pembongkaran masjid ini tidak ada,” tegasnya kembali.

Isu pembongkaran masjid di Desa Hulawa ini pertama kali muncul saat masa aksi yang menamakan Pemuda dan Rakyat Peduli Provinsi Gorontalo melakukan aksi damai di depan Polda Gorontalo pada Kamis (24/09/2020).

Saat itu, masa aksi meminta agar masjid di Desa Hulawa tidak dibongkar. Sebab alasan pembongkaran tempat ibadah ini dinilai sangat keterlaluan, hanya karena adanya riset yang mengklaim bahwa di lokasi bangunan masjid terdapat emas.

 

 

Pewarta: Andrianto S. Sanga