Pengurus Majelis Pembimbing Pinsaka Wanabakti dan Kalpataru Gorontalo Resmi Dilantik

  • Whatsapp
Pengukuhan Majelis Pembimbing Pinsaka Wanabakti dan Kalpataru Gorontalo
Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Gorontalo, Idah Syahidah, Mengukuhkan Pengurus Majelis Pembimbing, Pinsaka Wanabakti dan Kalpataru Gorontalo, di Aula Das Lira Kantor BPDASHL Bone Bolango, Kamis (17/12/2020). Foto: Andi 60DTK

60DTK, Bone Bolango –  Ketua dan Anggota Pengurus Majelis Pembimbing dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Wanabakti dan Kalpataru tingkat Daerah Gorontalo, masa bakti 2019-2024, resmi dilantik.

Faisal Lamakaraka dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru. Ada pun Ketua Saka Wanabakti dipercayakan kepada Andi Setiawan, sementara Ketua Saka Kalpataru diamanatkan kepada Abd. Alim Katili.

Bacaan Lainnya

Pengukuhan ini dilakukan oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Gorontalo, Idah Syahidah, di Aula Das Lira Kantor BPDASHL Bone Bolango, Kamis (17/12/2020).

“Akhirnya Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru hari ini dilantik dibawah satu pimpinan Mabisaka. Kenapa? Karena dua Dinas ini dipimpin oleh satu Kepala Dinas,” ujar Idah usai acara pelantikan.

Baca Juga: Wagub Resmikan Asrama Mahasiswa Gorontalo di Manado

Idah mengatakan, sebelum pengurus Majelis Pembimbing dan Saka Wanabakti maupun Saka Kalpataru dilantik, kegiatan kepramukaan di Gorontalo tetap berjalan. Akan tetapi, kata Idah, pelantikan itu harus tetap dilakukan sebagaimana diatur dalam AD-ART.

“Saya harap kegiatan ini tidak hanya seremonial saja, tapi harus ada pengkaderan terhadap anak-anak bangsa yang lebih muda untuk berperan serta dengan Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru, paling tidak bisa melindungi hutan-hutan pinus di Gorontalo,” harapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Majelis Pembimbing Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti, Faisal Lamakaraka mengaku, pelantikan ini adalah momen yang sudah sangat di nanti-nantikan oleh mereka.

“Namun dibalik pelantikan ini, banyak kegiatan-kegiatan kita yang sudah jalan. Contohnya seperti kegiatan yang berkaitan langsung dengan lingkungan. Itu banyak peran yang sudah kita lakukan dengan kakak-kakak di Kwartir Daerah,” ungkap Kepala DLHH Provinsi Gorontalo itu.

Baca Juga: 10 Orang Terkaya di Indonesia di Musim Pandemi

Lebih jauh, Ia juga menegaskan bahwa dirinya dan pengurus Pimpinan Saka Wanabakti maupun Saka Kalpataru, bertekad ikut berperan dalam membangun Provinsi Gorontalo yang lebih maju.

“Peran-peran kami tentu tidak luput dari fungsi kami yang berada di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang di dorong oleh UPT Kementerian yang ada di Provinsi Gorontalo seperti BPDAS, BPKH, BKSDA, dan teman-teman di Taman Nasional,” tandasnya.

 

Pewarta: Andrianto S. Sanga

Pos terkait