Peringatan HLUN 2019 Tingkat Kabgor, Akan dimeriahkan dengan Banyak Lomba

60DTK – KABGOR – Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2019 tingkat Kabupaten Gorontalo rencananya akan dimulai pada tanggal 18 Agustus 2019 mendatang. Sementara itu, acara puncak akan digelar pada 21 Agustus 2019. Nantinya, jika tak ada aral melintang kegiatan ini bakal ikuti oleh ribuan lansia di Kabupaten Gorontalo.

Direncanakan pula, kegiatan yang digagas oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo itu akan diisi dengan berbagai macam lomba seperti karnaval lansia, senam maumere lansia, lomba bercerita atau “lomba Mohungguli/mopilu”, serta lomba olah vokal.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo, Fory Armin Naway mengatakan, kegiatan tersebut nantinya akan di awali dengan karnaval yang dilepas dari Kecamatan Telaga dan finish di lokasi Taman Budaya Limboto. Selanjutnya, kata Fory, akan dilanjutkan dengan senam maumere dan lomba Mohungguli/Mopilu.

Ia menambahkan, khusus lomba mohungguli, difokuskan pada masing-masing profesi lansia yang hadir. Sebagai contoh kelompok pendidik atau lansia pensiunan guru, maka lansia itu akan bercerita tentang pengalaman menjadi guru. Demikian pula lansia seorang musisi, veteran, tokoh agama, tokoh adat, biang kampung dan lain – lain.

“Dikumpulkan pada lomba ini dan bercerita pengalaman sesuai profesi pada masa muda mereka termasuk pensiunan – pensiunan ASN di Kabupaten Gorontalo yang sudah lansia sesuai OPD terkakhir mereka berkarir,” kata Fory Naway saat rapat persiapan HLUN, Minggu (21/7/2019) kemarin.

Fory Naway menuturkan, cerita – cerita ini akan dijadikan spirit dan semangat bagi masyarakat kedepan.

Lebih lanjut, selain lomba HLUN ini juga akan ada pemberian reward bagi lansia sesuai bidang-bidang tertentu. Bahkan, ada pula penyerahan berbagai macam bantuan dari Pemerintah Kabupaten Gorontalo.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan kesempatan memanfaatkan waktu mereka (Lansia) di sisa umur tetap semangat, sehat dan bahagia. Mereka orang tua kita,mari bersama-sama memberikan perhatian lebih kepada mereka, karena orang tua adalah permata gemilang,” pungkasnya. (rls/Andi).