Rusli Harap Webinar Pariwisata Bisa Lahirkan Konsep Pengembangan Wisata di Gorontalo

60DTK, Gorontalo – Keinginan Pemprov Gorontalo dalam mengembangkan ekonomi dari segi pariwisata sangatlah besar. Ini terlihat ketika Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, membawakan sambutan di kegiatan Web Seminar (Webinar) Pariwisata Berkelanjutan dan Geopark Gorontalo, yang berlangsung di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur, Rabu (5/08/2020).

Dalam sambutan tersebut, Rusli menuturkan bahwa Ia sangat berharap webinar pariwisata tersebut dapat melahirkan satu konsep yang baik untuk mengembangkan dunia pariwisata di Provinsi Gorontalo ke depannya.

Baca juga: Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019 Pemprov Gorontalo Disetujui DPRD

“Sehingga kami sangat mengharapkan seminar atau pertemuan seperti ini akan melahirkan satu konsep yang bagus untuk Gorontalo. Tetapi kami sangat mengharapkan pengembangannya oleh swasta, karena seperti saya katakan tadi, APBD kami sangat kecil,” ujar Rusli.

Ia membeberkan, konsep pengembangan pariwisata ini diperlukan mengingat sangat banyak potensi wisata yang ada di Gorontalo, tetapi sangat kurang dalam pengembangannya, apalagi pariwisata skala besar. Hal ini dikarenakan minimnya APBD yang dimiliki oleh Pemprov Gorontalo, maupun pemerintah kabupaten/kota yang ada di Gorontalo.

Baca juga: Perubahan APBD Provinsi Gorontalo Tetap Perhatikan 8 Program Unggulan

“Ada kurang lebih 30 atau 50 pulau, baik yang di utara maupun di selatan. Garis pantai di Sulawesi ini kita mungkin terpanjang, tetapi kami belum mampu, APBD kami baik provinsi dan kabupaten/kota belum mampu untuk mengembangkan pariwisata skala besar,” tegasnya. (adv)

 

Pewarta: Hendra Setiawan