Rusli Tegaskan Bahaya Penebangan Hutan dan Pertambangan

60DTK, Gorontalo – Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie meminta warga Kabupaten Pohuwato untuk senantiasa memperhatikan masalah kelestarian lingkungan.

Hal itu Ia tegaskan saat menyalurkan bantuan pangan bersubsidi kepada korban banjir bandang di Kecamatan Dengilo dan Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato, Rabu (21/07/2021).

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, didampingi istri dan Wakil Bupati Pohuwato, foto bersama usai menyerahkan bantuan pangan bersubsidi kepada korban banjir bandang di Kecamatan Dengilo dan Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato, Rabu (21/07/2021). (Foto: Salman)

Menurut Rusli, salah satu penyebab banjir tidak lain karena ulah tangan manusia yang melakukan penebangan hutan dan pertambangan.

expo

“Di Pohuwato ini ada tiga wilayah pertambangan, yakni di Popayato, Taluduyunu (Kecamatan Buntulia), dan Dengilo. Ini warganya kita harus edukasi. Saya berencana membuat wilayah pertambangan rakyat (WPR) jika sesuai. Harapannya rakyat tetap ada pendapatan dan tidak sembarangan merusak lingkungan,” jelas Rusli.

Terkait dengan rencana WPR tersebut, Rusli bersama Mantan Bupati Pohwuato, Syarief Mbuinga ketika itu sudah berniat mengundang pihak Kementerian Lingkungan Hidup untuk datang ke Pohuwato. Belakangan rencana tersebut ditunda karena pandemi covid-19.

“Salah satu direkturnya sudah diutus ke sini, tapi beliau covid-19 di Gorontalo. Jadi kita tunda dulu,” imbuhnya. (adv)

 

Sumber: Gorontaloprov.go.id

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles