Selama Pandemi Covid-19, Bantuan Pangan Bersubsidi Diharapkan bisa Bantu Warga

60DTK, Gorontalo – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berharap, bantuan pangan bersubsidi yang didistribusi Pemerintah Provinsi Gorontalo bisa membantu warga di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu dikatakannya dalam kegiatan Bakti Sosial NKRI Peduli di Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo, Jumat (9/10/2020).

Baca Juga: 600 Paket Bantuan Pangan Bersubsidi Didistribusi ke 7 Desa di Bulango Ulu

“Bantuan ini harusnya ditebus Rp55.000. Tetapi kami mengambil kebijakan untuk menggratiskan bantuan ini dengan subsidi dari pemerintah provinsi melalui beberapa dinas dan juga ada Baznas provinsi. Kebijakan untuk menggratiskan bantuan ini dengan tujuan meringankan beban masyarakat pada masa pandemi Covid-19,” jelas Rusli dalam sambutannya.

Rusli mengungkapkan, antuan pangan bersubsidi di era kepemimpinannya merupakan wujud karya nyata untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan pokok masyarakat.

Baca Juga: Pilkada Serentak 2020, Idris Rahim Ingatkan Netralitas ASN

Menurut Rusli, di masa pandemi Covid-19 ini sebagian warga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Dengan begitu, pemerintah hadir di tengah masyarakat untuk membantu kesulitan tersebut.

“Bantuan yang kami berikan ini berasal dari uang rakyat, jadi kami kembalikan lagi ke rakyat. Kami hadir saat ini semuanya untuk rakyat,” tukasnya.

Baca Juga: Wagub Gorontalo Terima Kunjungan Silaturahmi Kepala Basarnas Gorontalo

Adapun bantuan yang diserahkan pada Baksos NKRI itu yakni lima kilogram beras, satu liter minyak goreng, 10 butir telur dan satu kilogram ikan. Ada juga rempah rempah seperti rica, bawang putih dan bawang merah masing-masing setengah kilogram.

Selain bantuan pangan bersudsidi, Pemerintah Provinsi Gorontalo juga menggulirkan Jaring Pengaman Sosial (JPS) dengan kesepakatan penanggungan secara urunan. 60 persen total anggaran dibebankan ke pemerintah provinsi dan sisanya 40 persen ke pemerintah kabupaten/kota.

Baca Juga: Bantuan Pangan Bersubsidi Sentuh Warga Boalemo

Hingga saat ini sudah ada tiga kabupaten yang telah 100 persen menyalurkan bantuan JPS. Di antaranya, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Boalemo.

Selain menyerahkan bantuan bagi 1.000 KPM di Kecamatan Mootilango, Gubernur yang didampingi istri Idah Syahidah juga memberikan bantuan di Kecamatan Tilamuta dengan jumlah yang sama. Rencananya pada esok hari, rombongan Gubernur akan melakukan kegiatan yang sama di Kabupaten Pohuwato. (adv)

Sumber: humas.gorontaloprov.go.id