Sering Bocor, Atap dan Plafon Makam Aulia Raja Ilato Jupanggola Butuh Renovasi

60DTK, Gorontalo – Makam Aulia Raja Ilato Jupanggola yang berada di Kelurahan Dembe 1, Kota Gorontalo membutuhkan perhatian berupa renovasi atap dan plafon. Makam yang digabung bersama masjid itu, kini sangat membutuhkan bantuan. Hal itu berdasarkan informasi dari penjaga makam, yang akrab dipanggil Rohana.

Ia mengatakan, makam ini sudah sangat lama tidak diperbaiki. Terakhir diperbaiki semenjak Fadel Mohammad menjadi Gubernur Gorontalo. Kata dia, jika hujan turun itu akan langsung membasahi masjid.

“Ini Plafon rusak parah, kemarin hujan deras basah macam danau. Mesjid juga jaga basah, tidak terlalu penting  itu plafon, yang penting itu sen (atap). Supaya kalau ujan tidak basah lagi,” ungkap Rohana saat diajak bicara oleh awak media, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga: Museum Purbakala Popa Eyato Sudah Dibuka

Ia mengungkapkan, semenjak dia menjadi penjaga makam sudah puluhan tahun, terakhir direnovasi itu pada masa pemerintahannya Fadel Muhammad. Selama itu, ia hanya menunggu bantuan dari masyarakat yang datang berziarah.

“Ini makam sempat di renovasi, waktu itu pak Fadel Muhammad jadi Gubernur abis itu sudah tidak ada lagi. Hanya masyarakat yang jaga datang kamari ada sumbang seng, lalu itu tempat solat perempuan itu jaga basa, cuman karena dapat bantuan, alhamdulillah sekarang sudak tidak bocor,” jelasnya sambil sesekali menundukkan kepala.

Selain itu, berdasarkan pantauan awak media, kondisi makam itu cukup memprihatinkan. Atap yang bocor membuat plafon rusak bahkan berjatuhan dilantai. Meskipun demikian, makam itu tampak asri, karena penjaga selalu membersihkannya.

 

 

Pewarta: Hendra Setiawan

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles