Tinjau 2 Lokasi Banjir di Kabgor, Mensos Salurkan Sejumlah Bantuan

60DTK, Kabupaten Gorontalo – Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Tri Rismaharini meninjau dua wilayah yang terdampak bencana banjir di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu (29/09/2021).

Dua wilayah yang dikunjungi mantan Wali Kota Surabaya tersebut meliputi Kelurahan Kayubulan (bagian bawah) yang ada di Kecamatan Limboto, serta Desa Buhu yang berada di Kecamatan Telaga.

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini saat memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir, Rabu (29/09/2021). (Foto: Humas Pemkab Gorontalo)

Pantauan awak media, Menteri yang dikenal dengan sapaan Risma ini turut mendatangi sejumlah rumah warga yang masih tergenang air mencapai lutut orang dewasa, sambil memberikan sejumlah bantuan seperti peralatan dapur, kasur lipat, matras, sampai makanan siap saji dan makanan anak.

expo

“Sudah hampir dua minggu Kementerian Sosial mendirikan dapur umum di sini, jadi bukan berarti tidak ada perhatian pemerintah,” ujar Risma menjawab pernyataan bahwa masyarakat tidak hanya butuh bantuan, tapi juga perhatian pemerintah.

Mengenai solusi penanganan bencana banjir, kata Risma, harus dipastikan lebih dulu apa yang menjadi akar permasalahan. Salah satu hal yang Ia dapati, pemukiman warga ini dulunya adalah bekas Danau Limboto.

“Sehingganya pasti daerah ini daerah cekung, ada perbedaan ketinggian. Saya tadi minta Pak bupati (Gorontalo) mengusulkan pembuatan tanggul,” tandasnya.

Data yang dihimpun awak media, jumlah warga terdampak banjir di Kelurahan Kayubulan sekitar 110 kepala keluarga (KK) 460 jiwa, sementara di Desa Buhu ada sebanyak 112 KK 402 jiwa.

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles