Tujuh Jalan Tani Hasil Aspirasi Rakyat Kabgor Dalam Proses Pembangunan

  • Whatsapp

60DTK – GORONTALO – Untuk mewujudkan aspirasi masyarakat petani yang ada di Kabupaten Gorontalo, Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), melaksanakan sejumlah pembangunan jalan usaha tani.

Pembangunan jalan yang berada di kabupaten Gorontalo tersebut sebanyak tujuh ruas jalan usaha tani, yang tersebar di beberapa desa yakni desa Bongomeme, Botumoputi, Pangadaa, Barakati, Ulapato A, Ulapato B dan Diloniyohu.

Bacaan Lainnya

Ketujuh ruas jalan tersebut memiliki ukuran panjang dan lebar jalan yang bervariasi, sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan ketersedian anggaran yang ada pada Dinas PUPR Provinsi Gorontalo.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Provinsi Gorontalo Yuliana Rivai yang diwawancarai di ruang kerjanya menuturkan, tujuan pembangunan jalan usaha tani selain untuk mewujudkan aspirasi para petani juga untuk mempermudah petani untuk mengangkut hasil pertanian dan meningkatkan hasil pertanian.

BACA JUGA : Antisipasi Banjir Di Musim Hujan, PUPR Bangun Pengaman Badan Sungai

“Pembangunan jalan usaha tani ini, memang merupakan aspirasi dari masyarakat khususnya para petani. Tujuan utamanya adalah untuk memfasilitasi transportasi pada kawasan pertanian, serta memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi untuk menuju lahan pertanian, dan mengangkut hasil produksi pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan, tempat pengolahan atau pasar,”ujarnya, Kamis (3/10/2019).

Untuk anggaran pembangunannya, Yuliana menjelaskan bahwa sumbernya berasal dari APBD dan APBD-P tahun 2019 yang ada pada Dinas PUPR Provinsi Gorontalo.

“Anggarannya itu bersumber dari APBD dan APBD-P tahun 2019 yang ada pada Dinas PUPR, selain itu ada juga salah satu ruas jalan usaha tani yang pekerjaannya kita swakelolakan dengan TNI,” ungkap Yuliana.

BACA JUGA : DPD-DPR RI Resmi Dilantik, Gubernur Gorontalo: Semoga Bisa Memberikan Yang Terbaik

Dengan adanya pembangunan sejumlah ruas jalan usaha tani di Kabupaten Gorontalo, Kabid Cipta Karya itu berharap dapat bermanfaat untuk masyarakat petani.

“Semoga pembangunan jalan pertanian ini memberi manfaat khususnya bagi para petani, karena pembangunan infrastruktur yang merata hingga ke pelosok merupakan salah satu dari program unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo.” tuturnya. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

Pos terkait