Turnamen Gateball Gubernur Gorontalo Cup I Diikuti Atlet Pergatsi 5 Provinsi

  • Whatsapp
Penurus Pergatsi Pusat Andre Bangsawan (baju merah putih) memberikan hadiah kepada para atlet gateball muda pada pembukaan Open Tournament Gateball Gubernur Gorontalo Cup I, yang berlangsung di Stadion Merdeka Nani Wartabone, Kota Gorontalo, Sabtu (07/03/2020). Foto : Anie/Humas

60DTK – Kota Gorontalo : Open Tournament Gateball Gubernur Gorontalo Cup I diikuti oleh 298 Atlet Persatuan Gateball Indonesia (Pergatsi) dari lima provinsi. Kelima provinsi terebut yakni Sulawesi Utara, Papua Barat, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba mengatakan, saat ini pemerintah terus melakukan pembangunan di berbagai sektor, termasuk olahraga. Menurutnya, tournament gateball ini bertujuan untuk mencari dan menciptakan bibit-bibit muda.

“Open tournament ini bertujuan untuk menciptakan bibit-bibit yang berprestasi dalam gateball. Dan kedua, kita ingin memasyarakatkan gateball lebih luas lagi,” ujar Darda saat membuka turnament yang berlangsung di Stadion Merdeka Nani Wartabone, Kota Gorontalo, Sabtu (07/03/2020).

Darda menyebut, saat ini gateball di Gorontalo sudah masuk di wilayah kabupaten/kota. Ini menjadi salah satu alasan dalam mendorong pengurus untuk mengadakan tournament gateball secara berkelanjutan.

”Mudah-mudahan ini terus berlanjut. Kami ingin mendorong pengurus di daerah untuk mengadakan turnamen di tiap kabupaten/kota”, kata Darda.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Open Tournament Gateball Gubernur Gorontalo Cup I Handoyo Sugiharto mengatakan, turnamen ini digelar dalam rangka menyemarakan Peringatan Hari Patriotik 23 Januari 1942.

“Alhamdulillah kegiatan ini diikuti oleh lima provinsi. Sehingga kami optimis bahwa kegiatan ini berkembang dan akan banyak diminati masyarakat luas. Karena kegiatan ini baru sekitar 10 tahun dan berkembang pertama kalinya di lingkungan Kementerian Umum”, jelas Kadis PUPR Provinsi itu.

Dengan adanya turnamen ini lanjut Handoyo, Provinsi Gorontalo sudah siap mengirim atlet apabila cabang olahraga itu dibuka pada Pekan Olahraga Nasional (PON).

”Hasil dari turnamen ini diharapkan bisa untuk menghidupkan olahraga gateball yang ada di Indonesia. Sehingga jika ada turnamen lainnya, kami siap untuk mengikuti turnamen tersebut”, imbuhnya.

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari (7 – 8 Maret) ke depan itu, akan memperebutkan piala bergilir, piala tetap, bonus jutaan rupiah serta mempertabdingkan kategori beregu bebas dan double bebas. Hadir pula pada pembukaan tersebut, pengurus besar Pergatsi Bidang Pembinaan Luar Negeri yang diwakili oleh Andre Bangsawan. (adv)

Pos terkait