Waspada Cuaca Ekstrim, Akibat Angin Kencang Pohon Tumbang di Jalan H.B Jasin

60DTK, Kota Gorontalo – Akibat angin kencang, satu pohon di jalan H.B Jasin kelurahan Paguyaman, Kota Gorontalo tumbang dan nyaris menimpa mobil warga.

Menurut keterangan saksi, pohon ini telah menunjukan tanda-tanda akan roboh, namun karena hembusan angin yang kencang membuat pohon tersebut tumbang dan hampir menimpa kendaraan warga saat melintasi jalan tersebut.

“Amper itu oto (mobil) dapa  tindis akan itu pohon, kalau ada ba paksa ta timpa akan itu pohon, Alhamdulillah selamat,” ungkap Ulu salah warga yang sempat menyaksikan awal mulanya kejadian tersebut.

“Itu sekitar jam 2 bgtu, Ini pohon pas angin pertama so sempat miring, nanti angin kedua yang so kencang, baru itu ta banting,” lanjutnya.

Baca Juga: Goa Tan Tiek Shioe Sian, Cagar Budaya Primadona Desa Sumberagung Tulungagung

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kota Gorontalo, sudah berada dilokasi. Dibantu Damkar Kota Gorontalo, mereka bahu-membahu membersihkan jalan.

“Kami dari Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Gorontalo bersama Damkar Kota Gorontalo, kurang lebih 16 sampai 17 personil diturunkan ke lapangan,” ungkap Kepala seksi Rekontruksi BPBD Kota Gorontalo Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kota Gorontalo

Kata dia, beruntungnya kejadian ini tidak memakan korban jiwa. Ia juga mengatakan terkait informasi ada salah satu mobil yang nyaris tertimpa pohon tersebut pihaknya belum mengetahui pasti.

Untuk itu, ia menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan bencana pohon tumbang. Jika sudah mendengar ada suara gemuruh angin, segeralah untuk cepat menjauh dari pepohonan yang berpotensi tumbang.

“Kami belum mendapat informasi yang pasti, karena disaat kami sudah berada di lokasi mobilnya sudah tidak ada,” jelasnya.

 

 

Pewarta: Hendra Setiawan