Rusli Dorong Profesionalisme Wartawan Lewat UKW

60DTK – Gorontalo : Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mendorong setiap wartawan di Gorontalo memiliki sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Menurutnya, UKW merupakan salah satu penunjang profesi setiap wartawan dalam melaksanakan tanggung jawabnya.

“Uji Kompetensi Wartawan sangat penting. Saya mendorong agar wartawan di Gorontalo dalam menjalankan profesinya lebih profesionalitas dan bertanggung jawab. Salah satunya dengan mengikuti UKW,” ucap Rusli saat diskusi bersama mahasiswa dan insan pers Gorontalo di Warunk Upnormal Kota Gorontalo, Sabtu (01/06/2019).

Dengan berkembangan media di Gorontalo, khususnya media online memberi dampak luas terhadap informasi yang diterima masyarakat. Apalagi dengan maraknya berita bohong atau hoaks tengah menjadi perhatian serius pemerintah.

“Silakan orang bikin (membuat) media, tapi harus berbadan hukum. Undang – undang mengamanatkan bahwa perusahaan pers harus berbadan hukum dan ada penanggung jawab serta alamat redaksi,” terangnya.

Dalam kesempatan itu pula, Gubernur dua periode itu menyerakan secara simbolis sertifikat kompetensi ke beberapa wartawan utama yang ada di Gorontalo. Rusli juga menambahkan, ini (UKW) merupakan langkah kongkrit wartawan dalam menjalankan tugasnya dengan baik.

“Saya berharap, dengan adanya langkah kongkrit dari teman – teman wartawan yang sudah melaksanakan UKW dan sudah kompeten dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Serta bagi yang belum UKW, agar dapat melaksanakan UKW sebagaimana yang telah ditetapkan pula oleh Dewan Pers,” tandasnya.

Penulis: Kasim A.

Sumber: Gopos.id

QR Code

Comments are closed.