Soal Anggaran Pilkada 2020, KPU Diminta Koordinasi dengan Pemda Terkait

60DTK-Gorontalo: Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo Sophian Rahmola berharap, agar komisioner KPU tiga daerah yakni Kabupaten Gorontalo, Bone Bolango dan Pohuwato untuk segera melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) terkait anggaran pelaksanaan Pilkada 2020.

Menurutnya, Pilkada serentak mendatang ini, sebagian akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2019, sementara sebagian lagi akan masuk pada APBD induk 2020.

“Tahun 2019 ini masuk tahapan persiapan, dan tahun 2020 tahapan pelaksanaan dan penyelesaian,” kata Sophian Rahmola, Kamis (13/06/2019).

Sophian menambahkan, komisioner KPU di tiga daerah tersebut, sudah bisa duduk bersama dengan pemda masing – masing untuk kepastian alokasi anggaran Pilkada.

Ia juga menambahkan, untuk penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) harus mengacu pada ketentuan Permendagri Nomor 80-81 serta honorariumnya menggunakan standar Peraturan Menteri Keuangan. “Harus segera dirumuskan berapa total belanja anggaran untuk keperluan Pilkada,” tegas Sophian.

Sophian juga berpesan, untuk KPU di tiga daerah yang melaksanakan Pilkada agar dalam penyusunan anggaran harus efektif dan efisien. “Hindari penggaran yang mubazir, dan tidak tepat sasaran,” tutup Sophian. (rds/rls)

Comments are closed.