Anggota Deprov Ini Ingin Pemda Pelihara Baik Makam Nani Wartabone

  • Whatsapp
Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Kris Wartabone (kiri) saat mengikuti upacara Hari Patriotik Provinsi Gorontalo ke-81. (Foto: Humas)

60DTK, Bone Bolango – Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Kris Wartabone ingin pemerintah daerah memelihara dengan baik bekas rumah kediaman serta makam salah satu sosok yang berperan penting dalam sejarah kemerdekaan Provinsi Gorontalo, Nani Wartabone.

Keinginan pria yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo tersebut disampaikan usai upacara peringatan Hari Patriotik Provinsi Gorontalo ke-81, yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Bone Bolango, Senin (23/01/2023).

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Generasi kita membutuhkan situs sejarah, peninggalan-peninggalan sejarah dalam perjuangan rakyat Gorontalo, di antaranya rumah kediaman dan makam beliau,” ujar Kris.

Menurut Kris, jika rumah peninggalan dan makam sang pahlawan ini terus dipelihara dengan baik, akan menjadi spirit bagi generasi mendatang dalam membangun serta menjaga keutuhan Gorontalo dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Untuk menumbuhkan spirit ini, tentunya kita harus menjaga kelestarian rumah dan makamnya. Mudah-mudahan kita akan bicarakan hal ini dengan Gubernur, akan merehab rumah dan makamnya,” harapnya.

Lebih jauh, Ia mengungkapkan banyak pihak sudah sejak lama mengusulkan renovasi dan pemeliharaan rumah peninggalan dan makam Nani Wartabone. Namun, secara pribadi Ia mengaku tidak terlalu ngotot karena takut dianggap hanya karena dirinya merupakan keturunan dari Nani Wartabone.

“Padahal tidak. Nani Wartabone berjuang untuk kemerdekaan ini bukan untuk keluarganya, tapi untuk rakyat Gorontalo,” tegasnya.

“Saya sebagai keturunan Nani Wartabone menyatakan bahwa beliau bukan saja milik keluarga, tapi milik seluruh rakyat Indonesia dan lebih khusus rakyat Gorontalo,” tandas Kris. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait