Awal Tahun 2022, Serapan APBD Provinsi Gorontalo Lampaui Target

  • Whatsapp
Awal Tahun 2022, Serapan APBD Provinsi Gorontalo Lampaui Target
Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim (depan) memberikan arahan pada Rapat Pimpinan dalam rangka Evaluasi Penyerapan APBD OPD Provinsi Gorontalo periode Januari 2022 di Aula Rumah jabatan Gubernur Gorontalo, Selasa (15/2/2022). Foto: Haris.

60DTK, Gorontalo – Awal tahun 2022 serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi Gorontalo pada Januari melampaui target yang sudah ditetapkan.

Target fisik yang ditetapkan sebesar 2,13 persen, realisasinya mencapai 5,40 persen. Sedangkan untuk target keuangan sebesar 1,92 persen, realisasinya 4,31 persen.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah penyerapan anggaran kita di bulan Januari 2022 cukup tinggi. Ada 24 OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang mencapai target, sisanya sembilan OPD belum mencapai target,” ungkap Wakil Gubernur Idris Rahim, Selasa (15/2/2022).

Walaupun melampaui target, Idris meminta seluruh OPD terus memacu penyerapan anggaran. Sebab Pemerintah Provinsi Gorontalo menetapkan Agustus 2022, serapan anggaran harus mencapai 80 persen.

“Gerak perekonomian daerah kita ini sangat tergantung pada belanja pemerintah. Sehingga itu tugas kita semua untuk mempercepat penyerapan anggaran agar bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi angka kemiskinan,” tambah Idris.

Selain itu, Idris juga meminta percepatan proses tender paket pekerjaan tahun 2022. Berdasarkan data Biro Pengadaan Provinsi Gorontalo, dari total 91 paket pekerjaan tahun 2022, lima paket di antaranya sudah selesai lelang dan sembilan paket dalam proses lelang.

“Pak gubernur mengharapkan sejak Desember 2021 itu sudah ada lelang. Oleh karena itu saya minta proses tender segera dilaksanakan, mengingat sekarang sudah pertengahan Februari 2022,” tutupnya. (ksm)

Pos terkait