Banjir Sudah 5 Kali, Begini Keluh Kesah Warga Kelurahan Bugis Kota Gorontalo

60DTK, Gorontalo – Masyarakat Kelurahan Bugis, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo, kembali terendam banjir. Air akibat luapan sungai Bone mengakibatkan rumah-rumah warga terkena imbasnya. Akibatnya Lumpur dan pasir berasal dari bencana banjir ikut meninggalkan bekas.

Bukan hanya itu, fisik maupun psikis daripada masyarakat juga menjadi sasaran. Hal ini terbukti berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh wartawan 60DTK saat turun langsung di lokasi-lokasi yang terkena banjir, Rabu (28/07/2020).

Baca Juga: BPBD Provinsi Evakuasi Warga Terdampak Banjir Di Kelurahan Bugis

“Masyarakat disini sangat khawatir, baru Ujang sadiki saja dorang ba anggap pasti banjir itu, ini juga karena tanggul yang rusak, dengan Dalam keadaan bagini itu makanan, karena kami ini tidak boleh masak kalau banjir,” ungkap warga kelurahan Bugis, Rudianto Dama.

Ia juga menambahkan dalam keadaan banjr begini, selain membutuhkan logistik mereka juga sangat membutuhkan obat-obatan terutama vitamin. Mengingat ini sebagai upaya masyarakat untuk menjaga  daya tahan tumbuh mereka.

“Obat-obat juga kami perlukan, karena setelah banjir itu masyarakat sudah kelelehan b tangani banjir macam Kase bersih rumah, biar cuman vitamin,” tambahnya.

Baca Juga: Banjir Landa Togoliua, Kelapa Yang Usai Dipanen Ludes Terbawa Air

Sama halnya disampaikan oleh Ucin, ia sangat mengeluhkan Banjir yang terjadi sejak Selasa kemarin, ini merupakan sudah kelima kali dalam beberapa Minggu belakangan. Sehingga ini sudah yang kelima kalinya ia membersihkan rumahnya akibat bencana tersebut.

“Ini yang sudah kelima kali, kami jam 2 malam sudah berkemas-kemas, Ujang dari jam 10 malam sampai jam 3 pagi, baru Kemarin Sudah kasih bersih rumah,  baru banjir lagi,”ungkap om Ucin (panggilan akrabnya).

 

 

Pewarta: Hendra Setiawan