BPOM Pastikan Takjil Disekitaran Panjaitan Aman Dikonsumsi

60DTK – GORONTALO: Tim pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Disperindag Gorontalo, sore tadi, Jumat (10/5/2019) melakukan sidak dan razia takjil Ramadhan, disekitaran Jalan Panjaitan Kota Gorontalo.

Razia makanan dan minuman untuk berbuka puasa yang di jual oleh pedagang kaki lima tersebut, langsung diperiksa oleh BPOM, guna mencegah penggunaan bahan pengawet dan zat kimia bahaya lainnya.

Kepala BPOM Gorontalo Yudi Noviandi menjelaskan, dalam pengujian sampel laboratorium BPOM tidak Menemukan satu pun Takjil yang memiliki campuran bahan kimia.

“Dari 37 sampel yang di uji melalui mobil Laboratorium BPOM, baik makanan dan minuman tidak sama sekali mengandung bahan berbahaya,” tutur Yudi

Ia juga mengakui bahwa makanan dan minuman yang diperjual belikan disekitaran depan Kampus UNG itu aman untuk dikonsumsi.

“Makanan dikawasan UNG ini, dalam kondisi aman, bebas dari boraks, formalin, steril dan lain sebagainya. Sehingga ini aman untuk dikonsumsi saat buka puasa,” terangnya

Lebih lanjut, Yudi pun mengharapkan agar para pembeli Takjil bisa memastikan Takjil tersebut bersih dan aman untuk dikonsumsi.

“Dari bentuk awalnya kita sudah bisa mengetahui apakah makanan atau minuman ini aman atau tidak. Dan pelaku usaha pun dalam keadaan bersih pula, namun untuk bahan kimia, tidak bisa deteksi secara langsung,” tutup Yudi.

Reporter: Efendi

Penulis: Efendi

Editor: Zulkifli

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles