Dukungan Ganda Calon Perseorangan Dapat Dideteksi KPU Bonebol dengan Aplikasi Silon

  • Whatsapp
Ketua KPU Bone Bolango, Adnan A. Berahim saat diwawancarai usai melakukan Sosialisasi Bimtek Penyerahan Surat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan, serta pemantapan aplikasi Silon untuk pemilihan bupati dan wakil bupati, Sabtu (15/02/2020). (Foto - Hendra 60dtk))

60DTK – Bone Bolango : Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempunyai aplikasi yang mempermudah mendeteksi dukungan ganda untuk calon perseorangan. Namanya Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Aplikasi Silon ini, saat ini sementara disosialisasikan pemanfaatannya kepada masyarakat dan bakal calon.

Bacaan Lainnya

“Ah, itu bisa terbaca, kegandaannya bisa terbaca. Adanya aplikasi Silon itu memudahkan KPU untuk mendeteksi kegandaan,” ungkap Ketua KPU Bone Bolango Adnan A. Berahim, usai Sosialisasi Bimbingan Teknis Penyerahan Surat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan, serta pemantapan aplikasi Silon untuk pemilihan bupati dan wakil bupati, Sabtu (15/02/2020).

Baca juga: 169 Calon PPK Akan Ikut Tes Wawancara Di KPU Bone Bolango

Adnan menjelaskan, aplikasi Silon ini merupakan produk sistem informasi dari KPU RI yang sudah diterapkan sejak Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Baca juga: Mosalamu Jadi Cara KPU Bonebol Sasar Pemilih Pemula

“Silon itu memang sistem informasi dari KPU RI dan sudah dilaksanakan pada pemilu 2019 kemarin,” jelasnya.

Terkait dengan penginputan daftar dukungan calon perseorangan, KPU Bone Bolango mengimbau kepada bakal calon agar menginputnya selama 5 hari ini. Karena ada 11 ribu lebih jumlah dukungan yang harus diinput kedalam Aplikasi Silon.

Baca juga: Rohmin : Alat Sosialisasi Rekrutmen PPK Yang Digunakan KPU Kabgor Tidak Efektif

“Kami selalu berkomunikasi menyampaikan kepada LO bakal pasangan calon perseorangan supaya memanfaatkan waktu lima hari ini, karena jangan sampai melakukan input saat waktu terakhir. 11 ribu itu banyak, jadi waktunya tidak cukup,” tutupnya. (adv)

Pewarta: Hendra Setiawan

Pos terkait