Gamaria Monoarfa Dorong UMKM Gorontalo Naik Kelas

  • Whatsapp
Gamaria Monoarfa Dorong UMKM Gorontalo Naik Kelas
Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo, Gamaria Monoarfa saat berkunjung ke Galeri Gorontalo di Gedung Smesco Jakarta Selatan, Selasa (23/8/2022). Foto: Adc.

60DTK.COM – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo, Gamaria Monoarfa mendorong UMKM di Gorontalo naik kelas.

Sebagai upaya memperluas pemasaran produk UMKM, Gamaria Monoarfa belum lama ini mengunjungi Galeri UMKM Gorontalo di Gedung Smesco, Jakarta Selatan.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan kunjungannya tersebut ia menilai, galeri UMKM itu perlu peningkatan. Karena di dalamnya hanya tersedia kain sulaman khas Gorontalo yakni karawo.

“Saya tadi mengunjungi Smesco melihat galeri kita di sana, dan memang ternyata barang-barang kita belum upgrade, masih barang-barang lama,” ungkap Gamaria.

“Sementara pihak Smesco sendiri menginginkan UMKM kita naruh barang di galeri situ lebih lengkap lagi. Seperti makanan khas kita sambal rowa, ikan nike atau keripik. Karena selama ini kita tidak punya makanan khas yang ditampilkan di galeri itu ternyata,” sambungnya.

Gamari menambahkan, kerjasama dengan Smesco ini perlu untuk dimanfaatkan dengan baik. Sehingga ia meminta pengurus Dekranasda Gorontalo untuk mendorong pelaku UMKM bisa menampilkan karyanya di galeri tersebut.

“Kemudian, mereka juga meminta nanti di sediakan pakaian tradisional. Karena kalau hari-hari besar nasional, banyak yang mencari pakaian daerah dan mereka biasa ke Smesco. Katanya kemarin ada beberapa yang datang di galeri kita ternyata tidak ada, nanti akan kita benahi,” jelas Gamaria.

Smesco atau Small and Medium Enterprises and Cooperatives, dalam bahasa Indonesia berarti Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Koperasi ini berdiri sejak Maret 2007 yang merupakan lembaga resmi di bawah Kemeterian Koperasi dan UKM RI. Tujuan pendiriannya adalah untuk mempromosikan produk unggulan Indonesia kepada dunia. (ksm/rls)

Pos terkait