Lewat Teknik Paving Block, Jalan Desa Kates Tulungagung Semakin Rapi

60DTK,Tulungagung – Himbauan Pemerintah untuk memperbaiki sarana prasarana Desa terus dilakukan. Kucuran dana yang begitu besar terus mengalir ke daerah terutama bagi Desa yang tertinggal. Pembangunan infrastruktur fisik bagian utama yang harus dikerjakan, agar dapat menopang kegiatan masyarakat setiap hari.

Di tengah mewabahnya Covid-19 yang tidak terduga, membuat susunan anggaran segera dirubah mengikuti instruksi dari Pemerintah Pusat. Anggaran yang sudah di RAB seharusnya untuk pembangunan fisik terpangkas dialihkan untuk program Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Desa Kates, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, salah satu desa yang ikut terkena dampak dari wabah Covid-19. Namun dengan manajemen yang bagus, masih bisa mengerjakan pembangunan fisik beberapa titik Paving Block jalan baru.

Baca Juga: Tujuh Fraksi DPRD Tulungagung Setujui APBD-P Tahun 2020

Paving jalan sepanjang 28 meter dengan volume 3,5 meter berada di lokasi RT 03 RW 02 Dusun Kebun Duren. Pekerjaan itu menerapkan sistem Padat Karya Tunai (PKT) dengan mengutamakan pekerja masyarakat sekitar agar dapat mendapatkan tambahan penghasilan.

Jalan Desa Kates Setelah di Paving Block
Jalan Desa Kates Setelah di Paving Block. (Foto: Istimewa)

 

“Pembangunan Paving jalan sedikit terlambat karena harus menunggu musim tebang tebu selesai dulu, agar jalan tidak cepat rusak karena masih basah dan dipaksa harus dilewati mengingat, truk yang lewat membawa muatan melebihi kapasitas,” jelas Kepala Desa Kates, Suyatno, Kamis (17/09/2020).

Baca Juga: Ribuan Masa AMAR Datangi Gedung DPRD Tulungagung Tuntut Bubarkan Faham Radikalisme

“Pembangunan utama jalan paving untuk akses  warga berkebun dan menuju sumber mata air Coban Asri, yang mana bila musim kemarau sumur warga sekitar banyak yang kering dan harus mengambil air dari sumber tersebut, “tambahnya.

Upaya dari Desa Kates ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Salah seorang warga, Sumadi menyampaikan, rasa syukur dan bahagia karena jalan desa sekarang sudah bagus.

“Saya merasa senang jalan depan rumah sekarang sudah bagus dan rapi, nyaman dilewati terutama tidak licin saat musim hujan tiba. Semoga bapak kades tetap amanah dalam menjalankan tugas, dan terus membangun Desa agar lebih maju dan dapat bersaing dengan desa lain ke depannya,” tutupnya. (adv)

 

 

 

Pewarta: Sulistyono