MTQ Tingkat Provinsi Gorontalo Resmi Dimulai

60DTK, Gorontalo Utara – Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-IX tingkat Provinsi Gorontalo, resmi dimulai. Kegiatan yang berlangsung di Kabupaten Gorontalo Utara tersebut dibuka langsung oleh Wagub Gorontalo, Idris Rahim, Kamis (10/09/2020).

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo itu akan berlangsung selama empat hari, hingga 14 September 2020. MTQ ini diisi dengan delapan cabang lomba, mulai dari seni baca Alquran, qiraah, hafalan, tafsir, fahmil, syarhil, seni kaligrafi, serta karya tulis ilmiah Alquran.

Wagub Idris dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari kegiatan MTQ itu tidak hanya sekadar untuk membina dan mengembangkan kemampuan qori maupun qoriah dalam hal membaca ayat-ayat dalam kitab suci Alquran, tetapi juga sebagai syiar agama Islam.

“MTQ ini tidak hanya membina dan mengembangkan kemampuan qori dan qoriah dalam membaca Alquran dengan baik, tetapi lebih dari pada itu sebagai syiar Islam,” ujar Idris.

Menurut Idris, sebagai daerah yang memiliki filosofi adat bersendikan sara, sara bersendikan kitabullah, serta dikenal dengan julukan Serambi Madinah, sudah seharusnya kegiatan keagamaan (Islam) lebih membumi di Provinsi Gorontalo.

“Apalagi mayoritas penduduk kita beragama Islam. Kitab suci Alquran tidak hanya dibaca dan dilombakan saja, tetapi harus bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Idris.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Gorontalo Utara, Ridwan Yasin menambahkan, pelaksanaan MTQ memiliki tujuan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia maju dan religius, serta mengukuhkan kehidupan umat beragama yang mengedepankan kejujuran dan toleransi.

“MTQ ini juga bertujuan membentuk karakter bangsa yang beragama menuju Indonesia maju dan berperadaban,” jelas ketua panitia pelaksana MTQ tersebut. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga