Patung Pohon, Kampanye Untuk Menjaga Lingkungan.

60DTK – Daerah : Marten Taha selaku Walikota Gorontalo dalam acara Festival Kota Hijau yang di laksanakan di Taman Kota Gorontalo meresmikan Patung Pohon karya dari Pipin Idris dan beberapa teman dari Perupa Gorontalo. Kamis, (6/11/2018).

Dalam sambutannya pada acara tersebut Marten sangat mengapresiasi komunitas Perupa terutama Pipin Idris yang terlibat dalam mengukir Patung Pohon tersebut.

“pengukiran pola dalam pohon begitu sangat susah, banyak tantangannya. Apalagi, butuh konsentrasi yang tinggi dan keuletan bagi si pengukir “.

Menurut Marten, Patung Pohon ini menandakan kita bisa berkarya pada bidang apapun dan bisa menyebarkan virus yang positif bagi masyarakat pada umumnya.

“melalui Patung Pohon itu, mari kita belajar tentang menjaga lingkungan. Untuk generasi anak cucu kita nanti. “

Ia  pun menambahkan bahwa melalui inovasi yang selalu di hadirkan oleh Forum Komunitas Hijau (FKH) setiap tahunnya, adalah menyuarakan tentang bagaimana kita bisa menjaga lingkungan.

“lingkungan harus kita tetap jaga, agar selalu asri, nyaman, dan rindang tentunya. Apalagi penebangan pohon yang sembarangan itu bisa mengancam generasi kita kelak. Dan pihak pemerintah sendiri akan terus mendorong kegiatan seperti ini. Yakni Sustainable Development Goals­”. Imbuhnya.

Pipin mengakui sebenarnya Patung Pohon ini sebagai kampanye  untuk pencegahan penebangan pohon yang selalu dilakukan oleh beberapa pihak, entah swasta,pemerintah, perusahaan, dan lain-lain.

“Saya hanya berharap melalui Patung Pohon ini kita semua bisa belajar, sedangkan yang mati bisa kita ukir menjadi karya yang begitu indah, apalagi pohon yang masih hidup. Dia pasti lebih banyak manfaat.” Ujarnya.

Ia pun menilai, karya yang dihasilkannya dan beberapa teman perupa ini untuk tetap menjaga kearifan lokal Gorontalo yang mulai tergerus oleh jaman dan mulai hilang dari permukaan.

“banyak relief atau ukiran yang saya gunakan mewakili beberapa kearifan lokal Gorontalo. Misalnya seperti tarian saronde yang saat ini sudah jarang di pertunjukan pada saat ada acara pernikahan di gelar”

Di sisi lain, karya Patung Pohon ini akan menjadi ikon di Gorontalo sendiri dan pertama di Indonesia.

“saya kira Patung Pohon ini merupakan yang pertama di Indonesia.  Karena saya sudah mengelilingi beberapa daerah seperti Jogja,Bali, dan beberapa daerah lainnya. belum melihat patung pohon seperti ini. Bisa saja ini yang pertama di Indonesia” Klaim Pipin dalam sesi wawancaranya. (zm).