Penuhi Kebutuhan ‘Barito’ Keluarga, Rusli : Saya Cukup ke Pekarangan Rumah

60DTK, Gorontalo – Dalam memenuhi kebutuhan rempah-rempah untuk dapur atau yang diistilahkan dengan ‘Barito’ (Bawang, Rica, Tomat), Gubernur Gorontalo Rusli Habibie cukup ke pekarangan rumahnnya. Begitu pula dengan kebutuhan sayur-sayuran, Ia mencontohkan seperti yang dilakukan istrinya Idah Syahidah.

“Sesibuk-sibuknya dia, masih mengurus tanaman. Sejak kami canangkan ini sampai sekarang, mau butuh cabai langsung ambil, begitu juga dengan sayuran,” ungkap Rusli, Rabu (19/8/2020).

Rusli menambahkan, dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk kebutuhan dapur bertujuan untuk menghemat atau mengurangi biaya warga.

“Saya sudah membuat kebijakan untuk rumah-rumah yang dapat bantuan khusus dari pemprov, itu wajib memanfaatkan halaman rumah untuk tanaman tadi. Kalau tidak, saya akan geser ke orang lain,” jelas Rusli.

Selain untuk memenuhi kebutuhan dasar dapur kata Rusli, pemanfaatan pekarangan rumah juga memberi dampak dan pengaruh pada perekonomian.

“Bawan, rica tomat ini sangat mempengaruhi inflasi kita. Kenapa kita tidak memanfaatkan halaman kita ini yang begitu luas untuk kebutuhan dapur?,” tutup Rusli. (adv/rls)