PLN Masuk Pinogu, Akhirnya Sumber Listrik So Dekat

0

60DTK – Sosial : Keinginan masyarakat Kecamatan Pinogu Kabupaten Bone Bolango untuk bisa menikmati layanan listrik dari PLN segera terwujud. PLN akan memasang 775 tiang listrik tegangan menengah untuk menyambungkan listrik dari Kecamatan Tulabolo ke Pinogu. Pemasangan Tiang Listrik itu akan dilakukan tahun 2019 ini, Minggu (24/2/2019)

Ratusan tiang listrik itu akan dipasang sepanjang 17.194 Kilometer dengan melintasi kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW). Terkait TNBNW, Manager Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan UPPK PLN Gorontalo Yayan Gobel menyampaikan, PLN dan Pemerintah Daerah sudah mengantongi izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait pemasangan tiang listrik tersebut.

BACA JUGA : Tarian Pinogu Jadi Ajang Promosi Budaya Gorontalo ke Tingkat Nasional

Sementara itu Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan, masuknya listrik PLN ke Pinogu patut disyukuri, mengingat saat ini sumber listrik di daerah itu masih berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang kapasitasnya sangat terbatas.

“Jadi tiang – tiang listrik dari Tulabolo sampai pinogu akan dimulai pembangunannya tahun ini. Jadi nantinya listrik disana disamping dari tenaga surya juga listrik dari PLN, Insya Allah” ungkap Hamim Pou.

BACA JUGA : Penanganan Gangguan Keamanan Bone Bolango, Go Digital

Untuk mengalirkan listrik PLN ke wilayah Pinogu memang tidak semudah mengalirkan listrik ke wilayah lain. Selain karena Pinogu berada di daerah terpencil yang harus melewati hutan dan pegunungan, juga karena keberadaan TNBNW yang memisahkan antara Pinogu dan daerah lainnya. Sehingga diperlukan ijin khusus dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.(rds)

Penulis : Fry

Tinggalkan Balasan