Strong Leadership ala Rusli Habibie

60DTK – Opini : Karakter kepemimpinan kuat (strong leadership) Gubernur Rusli Habibie tidak hanya di birokrasi pemerintahan, melainkan juga sampai di lembaga legislatif.

Dengan karakter strong leadership ini, kebijakan dan program-program kerakyatan lahir untuk rakyat gorontalo. Selama menjadi Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie berhasil menunjukkan kinerja yang sangat baik di mata publik.

Jika dibeberapa daerah baik Gubernur, Walikota dan Bupati memiliki kecenderungan fokus pada tatakelola pemerintahan sehingga mengabaikan dimensi politik, di Provinsi Gorontalo tidaklah demikian.

BACA JUGA : Keindahan Berpolitik Rusli Habibie

Rusli Habibie paham jika pemerintahan hanya terfokus pada tatakelola pemerintahan semata, maka pemerintahan akan cenderung menjadi proses birokratis-teknokratis, bukan berarti menjauhi tatakelola pemerintahan.

Justru tatakelola pemerintahan yang lebih dulu diselesaikan. Namun, tetap tidak mengabaikan dinamika politik yang ada.

Dengan pola komunikasi politik yang baik, semua elemen politik diberi ruang-ruang partisipasi. Sebagai contoh, beberapa program unggulan dan program strategis berjalan baik dan mendapatkan dukungan luas dari berbagai pihak.

BACA JUGA : Si Aktivis ‘Ketombe’

Sebut saja, Pembangunan Jalan GORR, Waduk Bulango Ulu, hingga Pengembangan RSUD Hasri Ainun Habibie terus mendapat dukungan yang tak pernah berhenti baik dari elit politik dan masyarakat gorontalo.

Dengan karakter kepemimpinan kuat yang dimiliki Rusli Habibie inilah semua dapat bekerja dan berkarya dalam membangun Provinsi Gorontalo serta mampu menciptakan harmonisasi antar berbagai lembaga, sehingga tujuan dan cita-cita besar menjadikan Provinsi Gorontalo yang unggul dapat tercapai.

Novalliansyah Abdussamad

Gorontalo, 20 Agustus 2019

Comments are closed.