Survei CRC, 89,4 persen Warga Mengaku Puas dengan Kinerja Gubernur Gorontalo

60DTK, Gorontalo – Hasil Survei Celebes Research Centre (CRC) bekerjasama dengan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (BAPPPEDA) terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Gorontalo mengungkap bahwa sebanyak 89,4 persen warga mengaku puas.

Survei yang berlangsung sebulan di bulan September 2021 ini, setidaknya menyasar 800 responden dan diwawancarai secara tatap muka di seluruh wilayak kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo.

Metode pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling dengan usia responden 17 tahun atau sudah pernah menikah. Toleransi kesalahan 3,46 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Persepsi kepuasan masyarakat terhadap kinerja Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di akhir masa jabatannya ini yang paling tinggi dari empat periode survei sebelumnya. Bulan Maret 2016 kepuasan masyarakat di angka 65,1 persen, Agustus 2016 naik 71,2 persen, Desember 2016 sebesar 69,7 persen dan Februari 2017 turun 68,3 persen.

expo

Jika ditelisik berdasarkan asal responden di lima kabupaten dan satu kota maka ditemukan persentase warga yang sangat puas dengan kinerja gubernur yakni kabupaten Boalemo, Kabupaten Gorontalo dan Gorontalo Utara.

Sebanyak 47,0 persen warga Boalemo mengaku sangat puas, sementara warga Kabupaten Gorontalo dan Gorontalo Utara masing-masing 30,4 persen dan 45,6 persen.

Survei IKM CRC, 89,4 persen Warga Mengaku Puas dengan Kinerja Gubernur Gorontalo
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie berbincang dengan Wakilnya Idris Rahim sesaat sebelum upacara bendera HUT ke – 72 Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2017 lalu. Memasuki akhir masa jabatan dua periode, dwi tunggal Rusli-Idris selalu kompak dan harmonis. Foto: Dok. Kominfo.

“Ada juga yang menjawab cukup puas di tiga daerah itu masing masing 44 persen, 54,8 persen dan dan 50 persen. Sisanya menjawab biasa saja, kurang puas, sangat tidak puas dan tidak tahu atau tidak menjawab” ungkap peneliti CRC, Imam Suyuti.

Persentase warga yang menjawab cukup puas dengan kinerja Gubernur Rusli paling tinggi di Kabupaten Pohuwato yakni 84,0 persen. Kota Gorontalo dan Bone Bolango masing-masing 82,3 persen dan 75,5 persen.

Persepsi kinerja Wakil Gubernur Idris Rahim juga tidak kalah bersinar dari duetnya itu. Sebanyak 86,6 persen warga sangat puas dan cukup puas dengan kinerja Idris. Kenaikan hasil ini sangat signifikan jika merujuk empat survei sebelumnya yang hanya berkisar antara 62,3 persen hingga 68,4 persen.

Persentase sangat puas terhadap kinerja Idris ada di Kabupaten Gorontalo Utara yakni 46,7 persen dan yang mengaku cukup puas 48,9 persen. Berikutnya ada Kabupaten Boalemo yang sangat puas 38 persen dan cukup puas 53 persen. Kabupaten Gorontalo yang sangat puas 21,9 persen dan cukup puas 59,6 persen.

Persentase yang mengaku cukup puas tertinggi untuk Idris ada di Kota Gorontalo yakni 82,3 persen. Disusul Kabupaten Pohuwato 82 persen dan Bone Bolango 72,7 persen. (ksm)

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles