Wajah Sering Berminyak ? Hindari 4 Jenis Makanan Ini

60DTK–GAYA HIDUP: Kebiasaan mengonsumsi makanan sembarangan selalu saja terjadi. Hal itu adalah panggilan alamiah dari dalam tubuh, makanan yang masuk ke dalam tubuh juga berfungsi sebagai energi yang menggerakan ataupun mensupport tubuh untuk bergerak dalam setiap hari.

Nah dari kebiasaan mengonsumsi makanan ini pula, membuat kita sering berpikir mengapa wajah kita sering berminyak. Dari mana sumber minyak tersebut, padahal asupan makanan juga berpengaruh paling besar mengeluarkan minyak dari tubuh.

Berikut jenis makanan yang dapat mengeluarkan minyak, dan menyebabkan kulit berminyak. Diantaranya :

  1. Gorengan

Berdasarkan studi yang di publikasikan di jurnal Dermato Endocrinologi, konsumsi asam lemak omega-6 (seperti terdapat pada minyak sayur) berlebih dapat meningkatkan risiko peradangan dan jerawat. Karena itu, jika tak ingin jerawat menghiasi wajah, kurangi makanan yang di goreng dengan minyak berlebihan.

  1. Karbohidrat

Makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti putih, nasi putih, memiliki indeks glikemik yang juga tinggi. Jika di konsumsi maka dapat menaikankadar gula darah dengan cepat, kemudian dengan cepat menurunkannya pula.

Studi dari American Journal Of Clinical Nutrition menyebutkan, makanan dengan indeks glikenik tinggi dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit.

  1. Susu dan produk Olahannya

Studi yang di terbitkan oleh American Academy Of Dermatology menyatakan, susu dan produk olahannya mengandung hormon yang tinggi sehingga dapat menyumbat pori-pori dan memicu pertumbuhan jerawat. Jika kulit anda sensitif dengan produk susu, sebaiknya di ganti susu sapi dengan susu almon atau susu kedelai.

  1. Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula tak hanya memicu kegemukan, tapi juga kelenjar minyak untuk memproduksi minyak berlebih. Selain itu, gula dapat meningkatkan kadar insulin dengan cepat dan menyebabkan peradangan di tubuh.

Kulit yang berminyak bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya dari pola makan. Oleh karena itu konsumsilah makanan yang tinggi vitamin dan antioksidan. (zm)