Begini Harapan Thariq Modanggu Soal Pengelolaan Alsintan di Gorut

  • Whatsapp
Plt. Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu. (Foto: Humas Pemda Gorut)

60DTK, Gorontalo Utara – Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu meminta agar proses pengelolaan terhadap alat dan mesin pertanian (alsintan) agar supaya dilakukan dengan sebaik-baiknya dan mengutamakan untuk membantu aktivitas masyarakat petani.

Hal itu ditegaskan, sebab Thariq menilai bahwa selama ini proses pengelolaan dan pemanfaatannya masih kurang maksimal, sehingga dirinya meminta agar pihak terkait bisa memaksimalkannya.

Bacaan Lainnya

“Maka ini perlu untuk dimaksimalkan kembali proses pengelolaan, pemanfaatan, serta peminjamannya,” jelas Thariq, Selasa (19/04/2022).

Thariq menambahkan, Dinas Taman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (TPHP) bisa segera memperbaiki setiap tahapan-tahapan administrasi yang hal itu dinilai dapat menguntungkan bagi masyarakat petani sekaligus juga dapat dipatuhi oleh masyarakat pada saat meminjam alinstan tersebut.

“Saya banyak menerima keluhan petani soal pemenfaatan alsintan, di mana banyak yang sudah tidak aktif lagi. Makanya saya sudah minta Dinas Pertanian untuk segera membenahi masalah administrasi dan pemeliharaan alat-alat ini,” bebernya.

Memang, lanjut Thariq, permasalahan administrasi serta kurangnya proses pemeliharaan terhadap setiap alat pertanian dapat mengakibatkan segala kebutuhan masyarakat tani terhambat. Apalagi saat ini Gorontalo Utara sedang berada pada musim panen, sehingga penggunaan mesin pertanian tersebut juga terhitung sangat tinggi.

“Makanya ini yang saya ingin perbaiki, mulai dari sistem administrasi, peminjaman, sampai pada tahap pengelolaan di lapangan,” tegasnya. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait