Dispar Provinsi Gorontalo Dukung Pengembangan Desa Wisata Religi Tri Rukun

60DTK, Gorontalo: Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo terus mendorong pengembangan potensi objek wisata yang unik, alami, dan mencirikan karakter lokal di setiap daerah. Kekhasan inilah yang menjadi magnet pariwisata yang mampu menarik kunjungan wisatawan.

Semangat ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Yusnan Ahmad, saat pengukuhan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Cakra Buana, Desa Tri Rukun, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Senin (25/01/2021).

Yusnan menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo sangat mengapresiasi masyarakat umat Hindu, khususnya Pokdarwis Cakra Buana yang telah menjadikan kawasan pura di desanya sebagai destinasi baru berbasis desa wisata religi.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Yusnan Ahmad, saat memberi sambutan pada pengukuhan Pokdarwis Cakra Buana Tri Rukun Wonosari. (Foto: Gorontaloprov.go.id)

expo

Pura desa ini telah disulap menjadi objek wisata yang sangat menarik, tidak hanya menyajikan gaya arsitektural, tetapi juga menyajikan pesona bentang alam dan keramahan masyarakatnya.

“Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo terus mendorong pengembangan desa wisata religi ini menjadi salah satu destinasi yang berkelas dan berkelanjutan,” ujar Yusnan.

Ia meyakinkan masyarakat bahwa Pemprov Gorontalo terus mendorong potensi dan daya kreasi masyarakat, serta menguatkan inovasi dan kolaborasi yang berbasis masyarakat lokal dengan segala keunikan dan kekhasannya.

“Kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Gorontalo, Kabupaten Boalemo, dan pemerintah serta masyarakat desa, adalah kunci suksesnya pengembangan objek wisata ini,” tuturnya.

Oleh karena itu, karena Pokdarwis Cakra Buana merupakan ujung tombak pengelolaan objek wisata di desa ini, Ia pun berharap pengurus yang baru dilantik bisa segera melakukan konsolidasi, menyusun program kerja, membangun komunikasi dengan pemerintah setempat, Dinas Pariwisata Boalemo, dan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo,

Ia menegaskan, Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo akan mendukung penuh program kerja Pokdarwis Cakra Buana ini.

“Kami berpesan kepada Pokdarwis Cakra Buana untuk membantu pemerintah menurunkan angka penularan covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan 3M, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” tutupnya. (adv/rls)

 

Sumber: gorontaloprov.go.id

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles