DLH Gorontalo Utara Fasilitasi Tempat Pembuangan Sampah

  • Whatsapp
DLH Gorontalo Utara Fasilitasi Tempat Pembuangan Sampah
Salah satu tempat pembuangan sampah yang disediakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gorontalo Utara di Pelabuhan Kwandang. Foto: Istimewa.

60DTK, Gorontalo Utara – Pemerintah Kabupaten Gorotalo Utara melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memfasilitasi tempat pembungan sampah. Hal ini untuk menghilangkan kebiasaan warga yang membuang sampah di sembarang tempat.

Kepala Bidang Pengolahan Persampahan dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara mengatakan pihaknya banyak menemukan sampah yang dibuang disembarang tempat.

Bacaan Lainnya
Warga Gorontalo Utara diminta Tidak Membuang Sampah Sembarangan
Penumpukan sampah di salah satu tempat di Kabupaten Gorontalo Utara. Foto: Usman/60dtk.

“Pada saat kami turun, kami banyak melihat tumpukan-tumpukan sampah. Selain itu juga banyak laporan dari masyarakat dan bahkan mereka mengirimkan fotonya kepada kami.,” ungkap Nining, Rabu (2/6/2021).

Untuk mengantisipasi hal itu pihaknya menyediakan fasilitas sebagai tempat untuk membuang sampah di beberapa titik tertentu.

“Seperti yang ada di Portal Blok Plan, dengan catatan sampah yang sudah dikemas rapi yang siap untuk dibawa ke Tempat Pengelolaan Akhir (TPA),” jelas Nining.

Ia juga mengajak kepada warga untuk menyediakan tempat atau pembuangan sampah di depan rumah masing-masing. Jika memungkinkan kata Nining, beberapa sampah tertentu bisa diolah menjadi kerajinan.

“Contohnya sampah plastik kita sendirikan di satu tempat. Kemudian untuk jenis sampah basah sendiri misalkan sisa nasi, kalau kita punya hewan ternak langsung kita kasih makan untuk hewan ternak kita. Dan selebihnya itu yang akan dibawa oleh petugas kami ke TPA,” tutupnya. (adv/usm)

Pos terkait