Gubernur Hibahkan 21,2 Hektar Lahan untuk BLK Kemnaker di Gorontalo

  • Whatsapp
Gubernur Hibahkan 21,2 Hektar Lahan untuk BLK Kemnaker di Gorontalo
Penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dengan Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Budi, Rabu (1/12/2021). Foto: Zakir.

60DTK, Gorontalo – Gubernur Rusli Habibie menghibahkan lahan seluar 21,2 hektar kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) untuk pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) di Gorontalo.

Penyerahan lahan ini ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) oleh Gubernur Gorontalo dengan Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Budi Hartawan, Rabu (1/12/2021).

Bacaan Lainnya

Pemberian hibah ini disambut baik oleh Menteri Ketenagakerjaan Idah Fauziah. Ia menilai hal ini menjadi bentuk komitmen pemerintah daerah dan pusat untuk meningkatkan sumber daya manusia.

“Kami sungguh senang karena concern itu (peningkatan SDM tenaga kerja) sudah sama antara pusat dan daerah. Kita akan berbagi tugas. Setelah bapak-bapak menyerahkan hibah tanah ini, maka menjadi tugas kita untuk membangun,” jelas Idah.

Sementara itu, Gubernur Rusli Habibie berharap lahan ini segera dimanfaatkan untuk pembangunan fisik BLK. Ia juga berharap manajemen dan kurikulum bisa dilaksanakan di bawah naungan Kemnaker.

“Jadi BLK yang dibangun itu ada dua. Satunya BLK khusus otomotif di blok plan kurang lebih Rp3,7 hektar dan BLK khusus pertanian dan pariwisata 17 hektar lahannya di Lombongo kecamatan Suwawa Tengah Kabupaten Bone Bolango. Terinformasi pembangunan sudah ditender, insya Allah bisa peletakan batu pertama,” kata Rusli.

Provinsi Gorontalo merupakan satu dari tujuh provinsi yang dialokasikan oleh Kemnaker di bidang pembangunan BLK. Pembiayaan pembangunan BLK dianggarkan kurang lebih Rp100 miliar. (ksm)

Pos terkait