Harga Bahan Pokok di Kota Gorontalo Melejit Jelang Nataru

  • Whatsapp
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo, Ismail Madjid bersama sejumlah jajaran pemerintah melakukan monitoring harga bahan pokok di Pasar Moodu, Senin (5/12/2022). (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

60DTK, Kota Gorontalo – Harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional wilayah Kota Gorontalo melejit jelang perayaan Natal dan tahun baru (nataru). Ini diketahui saat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo, Ismail Madjid melakukan kunjungan ke Pasar Moodu, Senin (5/12/2022).

Adapun beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga tersebut yakni beras, tomat, cabai, dan ikan laut. Sementara komoditas lain seperti minyak goreng masih cukup stabil.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Untuk tomat, memang dalam satu minggu terakhir ini cenderung agak naik. Sekarang posisi per kilo itu Rp16.000, yang sebelumnya itu di bawah Rp10.000,” kata Ismail.

Sementara untuk harga beras, kata Ismail, saat ini harganya berkisar Rp600.000 per 50 kilogram. Kenaikannya cukup tinggi mengingat sebelumnya hanya sekitar Rp520.000 untuk ukuran yang sama.

“Kemudian cabai, saat ini harganya Rp40.000 per kilogram. Padahal harganya minggu kemarin baru Rp35.000,” ungkap Ismail.

“Termasuk ikan juga rata-rata sedikit mengalami kenaikan. Sebelumnya Rp30.000 sampai Rp35.000, sekarang berkisar Rp40.000 per kilo, itu hampir semua jenis ikan yang dijual hari ini,” tambahnya lagi.

Menurut Ismail, kondisi seperti ini memang sering terjadi jelang nataru. Sebabnya tidak lain karena kebutuhan masyarakat bertambah dari biasanya.

“Siklus pasar itu kalau permintaan banyak dan ketersediaan barang tetap, pasti harga akan mengalami kenaikan. Tapi pemerintah akan berupaya agar kenaikan ini bisa ditekan dan harga-harga kembali stabil dengan menjamin ketersediaan barang tetap ada,” tandasnya. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Pos terkait