Idris Rahim Pimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi Serapan Anggaran

  • Whatsapp
Idris Rahim Pimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi Serapan Anggaran
Suasana Rapat Koordinasi dan Evaluasi penyerapan anggaran triwulan IV tahun 2021 yang dipimpin Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Selasa (18/1/2022). Foto: Haris.

60DTK, Gorontalo – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim memimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi penyerapan anggaran Pemerintah Provinsi Gorontalo Triwulan IV Tahun 2021, Selasa (18/1/2022).

Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TERPA) Biro Pengendalian Pembangunan dan Ekonomi Provinsi Gorontalo mencatat, realisasi fisik serapan APBD 2021 sebesar 98,02 persen dan realisasi keuangan mencapai 91,24 persen.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, berdasarkan data Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, realisasi pendapatan sebesar 115,52 persen dan belanja 97,93 persen.

Sedangkan capaian realisasi fisik tingkat kabupaten/kota hingga Desember kemarin, tertinggi dicapai oleh Kabupaten Bone Bolango sebesar 99,21 persen. Sedangkan untuk realisasi keuangan tertinggi dicapai oleh Kabupaten Gorontalo Utara sebesar 93,28 persen.

“Secara keseluruhan serapan dana APBD provinsi dan kabupaten/kota maupun APBN tahun 2021 cukup baik, rata-rata di atas capaian nasional. Serapan anggaran tersebut pasti bermanfaat bagi masyarakat dan juga mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” jelas Idris.

Pada kesempatan itu, Idris meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Satuan Kerja (Satker) dan pemerintah kabupaten/kota untuk mengevaluasi hasil capaian pembangunan. Ia juga meminta, seluruh instansi membenahi administrasi yang berhubungan dengan program kegiatan tahun 2021.

“Tidak ada gunanya fisiknya selesai, tetapi administrasinya tidak lengkap. Pasti pada pemeriksaan nanti akan dinilai tidak selesai secara keseluruhan. Untuk itu saya minta benahi dan lengkapi administrasi kegiatan tahun 2021,” tukas Idris. (ksm)

Pos terkait