Kelebihan Gubernur Rusli yang Tak Dimiliki Tokoh Lain

  • Whatsapp
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie. (Foto: dok. 60dtk)

60DTK, Opini – Pada tahun 2020, dalam sebuah acara bertajuk Leadership Development Djarum Beasiswa, James Gwee mengungkapkan bahwa jika ingin menjadi pemimpin, setidaknya harus memiliki tiga hal, yakni mampu membuat visi, mengomunikasikan visi, serta memotivasi dan menginspirasi.

Lalu apa hubungannya dengan kepemimpinan Rusli Habibie sebagai Gubernur Gorontalo? Jelas ada hubungannya. Apa yang disampaikan motivator terkenal di atas sudah dijalankan dan dibuktikan oleh Gubernur Rusli.

Bacaan Lainnya

Soal visi, tidak mungkin seorang tokoh sekaliber Gubernur Rusli tidak memiliki cita-cita membawa Gorontalo lebih maju untuk masa-masa akan datang, dimulailah hal itu ketika dirinya menjadi Bupati Gorontalo Utara tahun 2008.

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie (kiri), bersama Juru Bicara Gubernur Gorontalo, Noval Abdussamad. (Foto: dok. 60dtk)

Daerah yang baru dimekarkan, pondasi awal pembangunan ditancapkan, dan sekarang Kabupaten Gorontalo Utara sejajar dengan daerah lain di Gorontalo. Tahun 2012–2021, setelah menjadi Gubernur Gorontalo dua periode, ide-ide “gila” dan sempat diragukan orang dibuatnya jadi kenyataan.

Angka kemiskinan dulunya di atas 30 persen, kini turun drastis berada di angka 15 persen, takjub. Jalan Gorontalo Outer Ringroad (GORR) yang sempat melahirkan rasa pesimis bagi sebagian kalangan bahkan ada elit yang merasa takut jika GORR terealisasi karena justru akan mengabadikan nama Rusli Habibie di Gorontalo, kini sudah dinikmati mereka yang pesimis dan takut itu.

Persoalan listrik yang sering “mengganggu” aktivitas rakyat, kini selesai dan tuntas di tangan Gubernur Rusli. Bandara Jalaluddin sekarang jadi kebanggan Gorontalo, bahkan konon katanya ada elit yang ingin “mendompleng” citra politik di atas karya-karya tokoh yang disebut Bapak Pembangunan Gorontalo ini.

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie. (Foto: dok. 60dtk)

Masih banyak karya-karya Gubernur Rusli. Meski tidak dapat disebutkan satu per satu, tapi pasti sudah dinikmati dan dirasakan manfaatnya oleh rakyat dari ujung Bone Bolango hingga ke ujung Pohuwato.

Seorang pemimpin memang harus pandai melihat apa yang tidak bisa dilihat orang lain, mampu melakukan sesuatu yang belum pernah ada di suatu tempat dan selalu berpikir positif dalam bekerja.

Semua prasyarat itu ada dalam diri Gubernur Rusli Habibie. Dipuji tidak terbang, dihina tidak tumbang. Semoga Allah SWT memberikan kesehatan dan kekuatan untuk Gubernur Rusli Habibie.

 

Penulis: Noval Abdussamad

Pos terkait