Kementerian Kesehatan Nilai Program Eliminasi Malaria di Bone Bolango

60DTK, Bone Bolango – Tim Penilai Eliminasi Malaria dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) berkunjungan ke Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) dalam rangka melakukan Penilaian Eliminasi Malaria ditingkat kabupaten khususnya dinas kesehatan Bonebol, Rabu (09/06/2021).

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mengungkapkan, selama tiga tahun terakhir ini di Bone Bolango tidak lagi tercatat adanya kasus Malaria. Terakhir tercatat pada tahun 2018 lalu, itu pun bukan penduduk asli Bone Bolango melainkan pendatang.

Kementerian Kesehatan Lakukan Penilaian Eliminasi Malaria di Bone Bolango
Kunjungan Tim Penilaian Eliminasi Malaria Kemenkes RI ke Dinas Kesehatan Bone Bolango, Rabu (09/06/2021), Foto: lanto/prokopim

“Setelah kasus tersebut di Bone Bolango clear Malaria, selain menjadi daerah yang clear malaria kami juga ingin jadikan clear malaria itu sebagai bagian dari komitmen kami untuk membangun program kesehatan secara keseluruhan tidak hanya melibatkan keluarga kesehatan melainkan seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat yang mana hal tersebut telah kami cantumkan dalam peraturan daerah” ungkap Hamim.

expo

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman menjelaskan, sesuai dengan Roadmap Pemerintah RI tentang Eliminasi Malaria di tahun 2030 maka pihak Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo telah mengikuti seluruh tahapan-tahapan tersebut dan hari ini adalah giliran untuk Kabupaten Bone Bolango untuk melakukan penilaian eliminasi malaria.

Baca Juga: Pemkab Bonebol Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

“Setelah dilakukan eliminasi malaria bukan berarti tidak ada lagi program malaria, karena ketika nanti timbul suatu kasus kita bisa menjaga dan melakukan pencegahan dini atau melakukan upayah pengendalian malaria di daerah kita walaupun dia sudah menyatakan eliminasi karena akan lebih berat kita untuk mempertahankan dari pada meraih predikat eliminasi malaria di suatu daerah,” jelas dr. Yana.

Senada dengan hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango dr. Meyrin Kadir, menyatakan setelah dilakukannya penilaian secara virtual, hari ini tim penilai datang ke Kabupaten Bone Bolango untuk melakukan penilaian secara langsung, dan Bone Bolango merupakan Kabupaten pertama yang siap melakukan penilaian eliminasi Malaria.

“Dari 21 syarat yang harus dipenuhi dalam penilaian Alhamdulillah semuanya terpenuhi, dan mudah-mudahan Bone Bolango untuk tiga tahun ini akan mendapatkan eliminasi,” kata dr. Meyrin.

 

Pewarta: Desy Rahmawati

Ikuti Kami

Ikuti perkembangan informasi disekitar anda melalui media sosial kami. Ubah hidupmu dengan membaca berita 60dtk.com

Related Articles