Lewat Kegiatan Mootabi Kambungu, DLH Gorut Lakukan Gerebek Sampah

  • Whatsapp
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara, Ilyas Lagarusu terlihat sedang mengemudikan mobil pengangkut sampah pada kegiatan gerebek sampah di Kecamatan Tolinggula, Senin (11/07/2022). (Foto: DLH Gorut)

60DTK, Gorontalo Utara – Melalui kegiatan mootabi kambungu yang diselenggarakan di Kecamatan Tolinggula, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo Utara melaksanakan sosialisasi program gerebek sampah kepada masyarakat.

“Pertama kami menggelar aksi gerebek sampah di pusat kecamatan, yakni di saluran irigasi yang mengairi tiga desa di Kecamatan Tolinggula,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gorontalo Utara, Ilyas Lagarusu saat dikonfirmasi oleh awak media di ruang kerjanya, Senin (25/07/2022).

Bacaan Lainnya

Ilyas mengungkapkan, di saluran irigasi lokasi tersebut telah terjadi penumpukan sampah hasil buangan masyarakat, sehingga mengakibatkan air tersumbat dan tercemar.

“Itu sampah-sampah kiriman dari Desa Tolinggula Ulu dan Tolite Jaya, dan itu kita kumpul semua. Hasilnya satu truk penuh sampah yang kami bersihkan di saluran irigasi itu,” jelasnya.

Untuk sampah itu sendiri, kata Ilyas, untuk sementara dibuang di lahan kosong milik desa. Hal itu dilakukan karena Kecamatan Tolinggula belum memiliki tempat pembuangan akhir (TPA).

“Setelah melakukan koordinasi bersama pemerintah kecamatan dan desa, akhirnya sampah yang dibersihkan di saluran irigasi tersebut untuk sementara dibuang di lahan kosong milik desa itu sendiri,” tutur Ilyas. (adv)

 

Pewarta: Usman Dai

Pos terkait