Pemerintah Amerika Serikat Pertimbangkan Coret Perusahaan asal China dari Pasar Sahamnya

60DTK – Internasional: Pemerintahan Amerika Serikat yang dipimpin oleh Presiden Donald Trump dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk mencoret perusahaan-perusahaan asal China dari pasar saham AS, sebagai salah satu cara untuk membatasi investasi Amerika di negara Tirai Bambu itu.

Langkah ini, yang pertama dilaporkan oleh Bloomberg News, akan semakin meningkatkan perang dagang antara kedua negara yang diketahui sebagai pemegang kendali ekonomi dunia yang terbesar.

Pencoretan perusahaan-perusahaan itu dari bursa saham AS, merupakan bagian dari rencana pemerintah untuk membatasi investasi Amerika di China. Demikian menurut laporan yang mengutip seorang pejabat pemerintah Amerika.

Pejabat pemerintah AS juga sedang menelusuri bagaimana Amerika bisa memberlakukan pembatasan terhadap bisnis China yang masuk dalam indeks saham Amerika, demikian laporan tadi.

Mekanisme tentang bagaimana melaksanakan pencabutan perusahaan-perusahaan itu masih harus disusun, dan setiap rencana seperti itu harus disetujui oleh Presiden Trump.

Laporan sementara ini ini akan dimunculkan kembali pada perundingan perdagangan antara Amerika dan China yang akan dimulai kembali di Washington, pada 10 OktoberĀ  mendatang.

Sumber Berita dan Foto: VOA Indonesia

Comments are closed.