Pemerintah Kota Minta Dukungan Penyelesaian Masalah Genangan di Jalan HB Jassin

  • Whatsapp
Pemerintah Kota Minta Dukungan Penyelesaian Masalah Genangan di Jalan HB Jassin
(Foto: Istimewa)

60DTK, Kota Gorontalo – Genangan air di jalan, menjadi salah satu masalah sering dihadapi oleh pemerintah daerah. Apalagi di daerah pusat perkotaan yang kawasan padat penduduknya. Seperti yang ada di Jalan HB. Jassin (eks Agus Salim) kota Gorontalo. Dimana rentan terjadi genangan ketika musim penghujan.

Kepala Dinas PUPR Kota Gorontalo, Rifaldi Bahsuwan kepada awak media menegaskan, permasalahan ini butuh kerjasama semua pihak. Baik pemerintah kota maupun provinsi. Mengingat jalan ini berstatus jalan nasional.

Bacaan Lainnya

“yang dapat kita upayakan sementara ini dengan menggunakan sistem penyedotan pompanisasi. alhamdulillah dibantu peralatan pompa air dari BWSS II, genangan sudah surut,” ungkap Rivaldy saat dihubungi via telepon, Minggu (23/5/21).

Pemerintah Kota Minta Dukungan Penyelesaian Masalah Genangan di Jalan HB Jassin
(Foto: Istimewa)

Kata dia, upaya penyedotan air ini dilakukan adalah penanganan darurat saja. Untuk jangka Panjang, ia akan membicarakan genangan jalan HB. Jassin dengan pihak terkait yakni pemerintah provinsi dan balai jalan.

Menurutnya dari hasil pengecekan lapangan menemukan adanya perbedaan ketinggian elevasi, antara permukaan jalan dan drainase.

“Kemungkinan penanganan permanen kita akan buatkan pintu air, mengalirkan debit air apabila hujan tiba. Nantinya pembuangan akan diarahkan ke telaga” Jelas Rivaldy.

Selanjutnya upaya lain yang akan ditempuh oleh dinas PUPR melakukan pengerukan saluran dari sedimentasi material.

Baca Juga: Bawakan Materi Content Writing, Daud Panigoro: Wujudkan Gorontalo Makin Cakap Digital

“karena status saluran di wiliyah itu merupakan kewenangan provinsi, dan jalannya adalah kewenangan balai jalan. Insha Allah dalam waktu dekat kita akan duduk Bersama membicarakan masalah tersebut”  ujarnya.

Terakhir, Rivaldy berharap masyarakat juga dapat turut berpartisipasi untuk penanganan masalah genangan, dengan meningkatkan kesadaran dalam memanfaatkan saluran sesuai fungsinya. (adv)

Pos terkait