Pemkab Gorontalo Canangkan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional

60DTK-Kabupaten Gorontalo: Berlangsung di Halaman Kantor Bupati Gorontalo, pemerintah daerah setempat mencanangkan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020, Rabu (19/02/2020).

Terkait pencanangan itu, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan bahwa berbicara tentang pengelolaan sampah maupun lingkungan yang baik, adalah dua hal yang menjadi kebutuhan.

Baca juga: Pemkab Gorontalo Gelar Pelatihan Kerajinan Daur Ulang Sampah Untuk IKM

“Jadi bukan pencanangannya yang utama, tapi bagaimana sampahnya kita terkelola dengan baik,” ujar Nelson usai acara pencanangan peringatan HPSN 2020.

Nelson menambahkan, peringatan HPSN kali ini juga berkenaan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam mempertahankan penghargaan adipura, yakni penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, bagi kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil dalam pengelolaan sampah dan lingkungan.

Baca juga: Komunitas Kambungu Beresi Perkenalkan Alat Pengurai Sampah Plastik Jadi BBM

“Kita mempertahankan penghargaan adipura yang kita dapatkan tahun lalu. Mudah – mudahan ini bisa dapat juga. Tapi ini juga bukan soal penilaian, tapi kebutuhan,” tegasnya lagi.

Sebagai informasi, bersamaan dengan pencanangan tersebut, Nelson juga menyerahkan tiga unit kendaraan pengangkut sampah di Kelurahan Hepuhulawa dan Kelurahan Hutuo, Kecamatan Limboto, serta di Desa Luhu, Kecamatan Telaga. (adv)

 

Pewarta: Andrianto Sanga

Comments are closed.