Pemprov Gorontalo Siap Distribusi 36.000 Paket Bahan Pangan Bersubsidi

60DTK, Gorontalo – Sebanyak 36.000 paket bahan bantuan pangan bersubsidi siap didistribusi oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo secara gratis di sisa akhir tahun anggaran 2020.

Kecamatan yang beruntung didatangi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yakni Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Rabu (7/10/2020).

Gubernur Rusli yang didampingi istri Idah Syahidah menyerahkan 1.000 paket pangan gratis bagi warga yang tersebar di 14 desa. Kabupaten Bone Bolango tinggal menyisakan satu kecamatan yakni Bulango Ulu yang belum disambangi gubernur dan rombongan.

“Bantuan semacam ini sudah lama kami programkan, sejak saya dilantik jadi Gubernur Tahun 2012. Dulu bantuan ini kita subsidi, warga cukup membayar Rp55 ribu, tapi sekarang karena corona bantuannya kita gratiskan,” jelas Rusli.

Bantuan itu terdiri dari tujuh item yakni lima kilogram beras, satu liter minyak goreng, 10 butir telur dan satu kilogram ikan. Ada juga rempah rempah seperti rica, bawang putih dan bawang merah masing-masing setengah kilogram.

“Uangnya darimana? Uangnya dari PNS yang dipotong dari zakat mal. 2,5 persen setiap bulannya. Jadi ini uang rakyat kita kembalikan kepada rakyat,” imbuhnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Sosial Provinsi Gorontalo Risjon Sunge mengungkapkan, bantuan yang dibalut dalam kegiatan NKRI Peduli akan terus digulirkan hingga akhir tahun. Pihaknya menargetkan ada 36.000 paket yang siap di distribusi di kecamatan.

“Sebagian besar kecamatan di Provinsi Gorontalo sudah terdistribusi dari awal tahun. Di Bone Bolango tinggal dua kecamatan, di Pohuwato masih ada empat kecamatan, begitu juga di kabupaten lain. Insya Allah semua bisa didatangi pak gubernur untuk menyerahkan bantuan,” jelas Risjon.

Rencananya, Gubernur Rusli akan mendistribusikan bantuan serupa di Kecamatan Bulango Ulu dalam waktu dekat. Kegiatan serupa juga akan digelar di Kabupaten Boalemo akhir pekan ini. (adv)

Sumber: humas.gorontaloprov.go.id