Peran Media Dan Wartawan, Dalam Kacamata Nelson Pomalingo Untuk Pembangunan Daerah

60DTK – Kabupaten Gorontalo: Satu bulan jelang memasuki Tahun ke-empat pengabdian Nelson Pomalingo dalam pembangunan daerah, minggu pertama di Tahun ini ia telah melaksanakan berbagai kegiatan. Setelah sebelumnya melakukan evaluasi terhadap OPD, Mitra OPD, Pamsimas, KONI, Camat,  PU, Bappeda, dan lain-lain yang mendukung pemerintahan, kali ini salah satu pendiri Provinsi Gorontalo itu melaksanakan rapat bersama Media-media Lokal dan Nasional yang ada di Gorontalo.

Dalam pertemuan yang di inisiasi oleh Humas Kabupaten Gorontalo itu, Nelson Pomalingo menjelaskan pandangannya terhadap peran Media dalam pembangunan Daerah khususnya Kabupaten Gorontalo. Dalam pandangannya media memiliki peran sebagai wadah informasi, pencerahan, hingga menumbuhkan semangat masyarakat dalam membangun Daerah.

“Saya menganggap media ini sebagai media informasi, kemudian juga saya berpikir tidak hanya media informasi, tapi juga sebagai media pencerahan kepada masyarakat untuk terutama memberikan semangat membangun daerah. Selain pencerahan, juga memberi semangat membangun. Karena sekali lagi bangsa ini masih banyak yang harus kita selesaikan. Bayangkan kalau media sosial, media online, atau media eletronik, dan media cetak juga ini tidak mencerahkan maka mendidik mahasiswanya ini yah begitu,” Ujarnya. Selasa, (8/01/2019).

Nelson Pomalingo juga mengungkapkan alasan tidak menjadikan media sebagai OPD, hal itu dikarenakan ia ingin mendapatkan kritik terhadap kepemimpinannya di Kabupaten Gorontalo. Namun ia menegaskan, kritik yang di berikan benar-benar berdasarkan data yang akurat serta dan memberikan solusi untuk Pemerintah.

“Kritik pun tidak ada masalah bagi saya. Yang penting jangan memprovokasi, yang kedua artinya mencari solusi kalau ada masalah. Kemudian juga saya sekali lagi berharap itu berdasar pada data yang akurat. Terakhir  tidak melakukan pembenturan,” Ungkapnya.

Dilain sisi, mantan Rektor UNG dan UMGo itu juga memberikan perhatian kepada Wartawan. Baginya, orang yang terlibat dalam pembangunan daerah tidak hanya pemerintah saja, namun Wartawan juga ada di dalamnya.

“Kita semua ini kan hanya berbeda peran, kita semua ini sebenarnya membangun daerah. Cuman membangun daerahnya dengan media, membangun daerah dengan memberitakan. Kalau anda semua membuat sesuatu kita tidak semangat, maka daerah ini tidak berkembang.  tingkat kepercayaan masyarakat tidak berkembang, maka partisipasi masyarakat tidak akan berekembang,” Kata Nelson.

Diakhir sambutannya, Nelson Pomalingo menyampaikan pesan dan harapannya kepada media. Kedepannya ia menginginkan wartawan tetap selalu bekerja Profesional dan sesuai dengan kapasitas dan tupoksinya.

“Saya berharap begini, semuanya bekerja sesuai dengan proporsinya masing-masing. Karena itulah yang di sebut dengan adil. Profesional dalam arti sesuai dengan kapasitasnya, sesuai dengan kemampuannya, sesuai dengan selama ini ia melakukan pemberitaan, itu yang saya minta di lakukan dengan baik,” Tutup Nelson.

Penulis : Andrianto S/Tr

Editor  : Zulkifli M.