Pertama Kalinya Sensus Penduduk 2020 Dilakukan Secara Online

  • Whatsapp
Kepala BPS Provinsi Gorontalo Herum Fajarwati saat melakuan pertemuan dengan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Senin, (9/12/2019) di rumah dinas gubernur. (Foto:Salman)

60DTK – GORONTALO – Sensus penduduk pertama kalinya akan menggunakan metode online, dimana penduduk melakukan sensus secara mandiri melalui situs resmi dari BPS. Menyikapi hal tersebut, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo lakukan pertemuan dengan Gubernur Rusli Habibie guna membahas persiapan pelaksanaan sensus penduduk 2020 se Indonesia. Pertemuan sederhana ini berlangsung di rumah dinas gubernur, Senin, (9/12/2019).

” “Sesuai dengan jadwal, secara nasional Sensus Penduduk 2020 akan dilaksanakan mulai awal Februari hingga Maret 2020 nanti. Untuknya hari ini kami datang menemui pak gubernur, karena sebelum pelaksanaan sensus, BPS akan melaksanakan Rakor Satu Data Kependudukan se Provinsi Gorontalo tanggal 12 Desember nanti,” ungkap Kepala BPS Provinsi Gorontalo Herum Fajarwati usai pertemuan.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

BACA JUGA : Peringatan Hut Provinsi Gorontalo Jadi Ajang Berbenah Untuk Gorontalo Kedepan

Selain secara online, jelas Herum, pada Juli 2020 nanti proses sensus penduduk juga akan dilakukan metode terjun langsung ke lapangan dan pencacahan atau door to door keseluruh wilayah Provinsi Gorontalo secara nasional.

“Jadi nanti kedepan tidak ada lagi data penduduk versi dukcapil atau versi BPS, semua akan menjadi satu data kependudukan. Untuknya pak gubernur sangat mendukung pelaksanaan rakor nanti, karena memang data kependudukan itu penting untuk melihat perkembangan penduduk disetiap wilayah itu seperti apa,” jelasnya.

BACA JUGA : Sensus Penduduk 2020, Kepala BPS : Mohon Dukungan Pemerintah Dan Masyarakat

Pelaksanaan rakor nanti rencananya akan menghadirkan Gubernur, Bupati/Walikota, Dinas Dukcapil dan Dinas Kominfo se Kabupaten/ Kota, Camat se Provinsi Gorontalo, OPD tingkat Provinsi, Kementrian terkait dan BPS tingkat Kabupaten Kota. (adv)

Sumber : Humas Gorontalo Prov 

Pos terkait